BMKG: Sembilan kabupaten di Sumsel diingatkan wapadai hujan disertai angin kencang

id BMKG,iklim,cuaca,hujan,hujan petir,angin kencang,suhu udara,kelembaban

BMKG: Sembilan kabupaten di Sumsel diingatkan wapadai hujan disertai angin kencang

Petugas memantau cuaca melalui layar monitor di kantor Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, Sumut, Jumat (2/1). (ANTARA FOTO/Septianda Perdana/Rei/pd/15)

Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengingatkan sebanyak sembilan kabupaten di Sumatera Selatan untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang, pada Minggu (26/4).

Rilis pers BMKG menyebutkan sembilan kabupaten itu yakni Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Ilir, Banyuasin, Musi Banyuasin, Musirawas Utara, Lahat, Lubuk Linggau, Pagaralam dan Empat Lawang.

Pagi hari diperkirakan cerah - berawan dan berpotensi hujan lokal di wilayah Banyuasin, Musi Banyuasin, OKI dan Ogan Ilir. Siang hari diperkirakan berawan, potensi hujan sedang - lebat di wilayah Banyuasin, Musi Banyuasin, Lahat, Pagaralam, Musirawas Utara, OKI, Ogan Ilir dan Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan; potensi hujan lokal di wilayah Muara Enim, OKU, Palembang, Musi Rawas, Empat Lawang, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Lubuk Linggau dan Prabumulih.

Malam hari diperkirakan berawan, potensi hujan sedang – lebat di wilayah Musi Banyuasin, Lahat, Musi Rawas, Empat Lawang dan Lubuk Linggau; potensi hujan lokal di wilayah Banyuasin, Muara Enim, Musirawas Utara, Pagaralam, Ogan Ilir, OKI, OKU dan OKU Timur.

Dini hari diperkirakan cerah berawan dan udara kabur/berkabut, berpotensi hujan lokal di wilayah Musi Rawas, Lubuk Linggau, OKI dan Musi Banyuasin.

Suhu Udara untuk Wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI : 23 – 32 °C, Kelembaban udara 60 persen - 98 persen. Suhu Udara Wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat, Pagar Alam dan OKU Selatan : 19 – 31 °C; Kelembaban Udara 65 persen - 100 persen.

Angin : Timur – Barat Daya dengan kecepatan 05 – 30 km/jam. Tinggi gelombang laut : di Selat Gelasa 0.5 – 1.25 m, Selat Bangka bagian Utara dan Selatan 0.1 – 0.5 m; Cuaca : Berawan; Angin : Timur – Barat Daya dengan kecepatan 5 – 25 Km/jam.