BMKG: Ada 15 daerah berstatus waspada dampak hujan di Indonesia

id BMKG, bencana hidrometeorologi,prakiraan cuaca,iklim,Lampung,Jambi,Jakarta,Pemilu,Imlek,Libur Nasional,Cuti Bersama,Banj

BMKG: Ada 15 daerah berstatus waspada dampak hujan di Indonesia

Arsip Foto - Sejumlah pejalan kaki menggunakan payung untuk berlindung dari hujan disertai angin kencang saat melintas di pedestrian MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, (5/12/2023). ANTARA/M Riezko Bima Elko P.

Jakarta (ANTARA) - Sebagian besar daerah di Indonesia berpotensi diterpa hujan lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang, bahkan 15 daerah di antaranya ditetapkan berstatus waspada terdampak bencana oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Merujuk data dari laman resmi BMKG yang dikutip di Jakarta, Sabtu, diketahui bahwa ke-15 daerah berstatus waspada itu meliputi Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Data tersebut juga menyampaikan peringatan dini dampak hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi menyasar wilayah Maluku, NTT, Papua, Papua Barat, Bali, Aceh, Jawa Barat dan Riau.

BMKG memprediksi sejumlah kota seperti Surabaya dan Pangkal Pinang diprakirakan terjadi hujan petir pada siang hari. Sementara itu, Jambi, Banjarmasin, Makassar, Kendari, Palembang, diprakirakan hujan sedang pada siang hari.