Pelindo II ingatkan pencegahan COVID-19 ke komunitas pelabuhan

id COVID-19, pelabuhan boom baru palembang, pt pelindo II palembang, kkp palembang, ksop palembang, sosialisasi COVID-19, v

Pelindo II ingatkan pencegahan COVID-19 ke  komunitas pelabuhan

Sosialisasi pencegahan COVID-19 di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Sabtu (15/2/2020). ANTARA/Aziz Munajar

Palembang (ANTARA) - PT Pelindo II Cabang Palembang mengingatkan komunitas Pelabuhan Boom Baru Palembang untuk meningkatkan pengawasan kapal dan upaya mandiri dalam pencegahan COVID-19.

General Manager PT Pelindo II Palembang, Indra Hidayat Sani, Sabtu, mengatakan Boom Baru sebagai pelabuhan internasional merupakan pintu masuk utama distribusi barang baik dari dalam maupun luar negeri di Provinsi Sumatera Selatan, sehingga banyak kapal-kapal asing terutama dari negara-negara yang terkontaminasi COVID-19 dapat masuk melalui pelabuhan sungai itu.

"Maka Pelindo II terus berkoordinasi dengan KKP, Distrik Navigasi, Bea Cukai, Imigrasi dan KSOP agar memperketat pengawasan terutama para pekerja yang bersentuhan langsung dengan kru-kru kapal asing," ujar Indra Hidayat saat sosialisasi kepada 100 anggota komunitas pelabuhan.



Antisipasi COVID-19 diperkuat dengan surat edaran Dirjen Perhubungan Nomor SE-5/2020 yang diterima KSOP Kelas II Palembang pada 5 Februari, edaran tersebut mewajibkan identifikasi terhadap kedatangan semua kapal baik yang transit dari luar negeri.

Selain kru-kru kapal asing, pengawasan juga menyasar kapal penumpang dan barang khususnya dari Cina serta Hongkong, sejauh ini objek-objek pemeriksaan dinyatakan masih aman dari COVID-19.




Sementara Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Palembang, Nur Purwoko, mengingatkan para pekerja di Pelabuhan harus memperkuat imunitas tubuh agar tidak mudah terkontaminasi kemungkinan COVID-19.

"Hindari kontak langsung dengan orang yang dicurigai memiliki infeksi akut pernafasan, hindari sama sekali kontak dengan binatang liar/buas, selalu mencuci tangan dengan sabun, dan selalu gunakan masker saat bekerja di ruang terbuka," jelas Nur Purwoko.

Dalam pengawasan kru asing, kapal-kapal asing harus diperiksa terlebih dahulu sebelum sandar ke pelabuhan dan baru bisa sandar jika dinyatakan aman, petugas KKP sendiri dilengkapi peralatan lengkap selama pemeriksaan.
 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar