Dinas Pertanian Ogan Komering Ulu bagikan 4.500 bibit pohon mangga

id Distan bagikan ribuan bibit Mangga

Dinas Pertanian Ogan Komering Ulu  bagikan 4.500 bibit pohon mangga

Kabid Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ulu Hendri Eka Putra. ANTARA/Edo Purmana

Baturaja (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan membagikan 4.500 bibit pohon mangga kepada sejumlah kelompok tani di wilayah itu guna pengembangan budi daya buah-buahan.

"Pada 2019 lalu ada sebanyak 4.500 bibit pohon mangga yang kami bagikan secara gratis kepada kelompok tani di Kabupaten OKU (Ogan Komering Ulu)," kata Kepala Dinas Pertanian Ogan Komering Ulu Joni Sahiu melalui Kabid Hortikultura Hendri Eka Putra di Baturaja, Kamis.

Dia mengemukakan kelompok tani yang menerima bantuan bibit pohon buah-buahan pada tahun lalu itu tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu, meliputi Sosoh Buay Rayap, Sinar Peninjauan, dan Lengkiti.

"Ada enam kelompok tani di tiga kecamatan tersebut yang menerima bantuan bibit ini," katanya.

Dia mengemukakan setiap kelompok tani mendapat bantuan 750 bibit pohon mangga untuk dibudidayakan di lahan pertanian di wilayah masing-masing.

Dia menjelaskan bantuan bibit dari pemerintah pusat yang didanai melalui APBN Tahun Anggaran 2019 tersebut untuk pengembangan buah-buahan agar petani memanfaatkan pekarangan dan lahan pertanian untuk bercocok tanam.

"Total anggaran dalam bantuan ini yaitu sebesar Rp230 juta yang bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2019," kata dia.

Selain bibit buah mangga, lanjut dia, pihaknya juga memberikan bantuan pupuk organik kepada kelompok tani untuk membantu mempermudah dalam bercocok tanam.

"Mudah-mudahan bantuan ini dapat dimanfaatkan oleh petani di Kabupaten OKU dengan sebaik-baiknya sehingga hasil panen nanti bisa berlimpah," katanya.