Kabupaten Ogan Ilir siaga bencana memasuki musim hujan

id Bencana, siaga,bencana alam,oki siaga bencana,musim hujan,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang

Kabupaten Ogan Ilir siaga bencana  memasuki musim hujan

Ilustrasi (Antara/HO)

Palembang (ANTARA) - Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan mulai melaksanakan siaga bencana terutama memasuki musim hujan sekarang ini.

Dalam pelaksanaan siaga bencana tersebut jajaran Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir telah melaksanakan apel gelar pasukan gabungan, kata Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Palembang, Jumat.

Bupati mengatakan, apel kesiapsiagaan tersebut untuk mengecek kesiapsiagaan alat dan personel dalam mengantisipasi bila terjadi bencana.

Jadi bila terjadi bencana alam, pasukan dan peralatan bisa langsung terjun membantu penanganan bencana yang terjadi.

Apalagi Ogan Ilir termasuk rawan bencana banjir sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan, ujar dia.

Komandan Kodim 0402/OKI Letkol Czi Zamroni yang diwakili Perwira Penghubung Mayor Inf Heri Bertus mengatakan, tujuan dari apel kesiapsiagaan bencana ini untuk membentuk satuan tugas dalam upaya mengantisipasi bila terjadi bencana.

Selain itu untuk melakukan langkah siaga darurat, tanggap darurat bencana dan pasca bencana bersama TNI-POLRI, BPBD dan unsur pemerintah terkait lainya.

Menurut dia, apalagi potensi terjadinya bencana banjir cukup besar karena intensitas hujan tinggi pada bulan Januari.

Selain itu sebagian wilayah Ogan Ilir memiliki tekstur tanah dataran rendah yang dikelilingi oleh rawa-rawa dan sungai sehingga rawan akan banjir.

Dalam apel gelar pasukan dalam rangka Tanggap Darurat Bencana Alam Tahun 2020 itu juga dihadiri Kapolres Ogan Ilir AKBP Imam Tarmudi.

Sementara pasukan yang disiapkan antara lain anggota TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, pasukan pemadam kebakaran, BPBD yang siaga 24 jam.

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar