Dinas Pendidikan Palembang evaluasi ujian SD

id sd

Dinas Pendidikan  Palembang evaluasi ujian SD

Murid Sekolah Dasar (SD). ( Foto : Anggi Romadhoni)

Palembang (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Palembang, Sumatera Selatan pada tahun ajaran 2019/2010 ini berupaya melakukan evaluasi konsep ujian tingkat Sekolah Dasar (SD) yang menerapkan ujian tengah semester.

"Konsep ujian perlu dievaluasi agar kualitasnya semakin baik karena prestasi siswa selama setengah semester bisa dijadikan dasar untuk menentukan kenaikan kelas," kata Kepala Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kota Palembang, Bahrin di Palembang, Jumat.

Konsep UTS yang telah berjalan dengan baik selama ini akan dipertahankan, begitu pula sebaliknya jika berdasarkan hasil evaluasi ada hal-hal yang dinilai buruk akan dilakukan perbaikan.

Kemampuan siswa mengikuti pelajaran selama setengah semester menjadi petunjuk penguasaan siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan guru.

Untuk meningkatkan kualitas UTS, kepala sekolah dan guru diimbau melakukan evaluasi dengan lebih fokus memberi pembelajaran bagi siswa yang memiliki nilai di bawah rata-rata, tambahnya.

Dia menjelaskan, dengan penerapan konsep UTS bagi siswa SD, diharapkan mendorong mereka selalu mengulang pelajaran di rumah dan tidak menumpuk materi menghadapi ujian kenaikan kelas.

Fungsi UTS tidak kalah pentingnya dengan ujian-ujian lainnya, karena ujian tengah semester ikut menentukan hasil akhir pada rapor semester atau rapor kenaikan kelas.

Setiap sekolah telah memberikan patokan sekian persen bobot nilai UTS atau ujian mid semester.

Jika persentase bobot mid semester kecil, maka siswa harus belajar lebih giat untuk mendapatkan nilai yang lebih besar untuk memperbaiki nilai agar bisa naik kelas, ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar