Sumsel targetkan daerah terbaik peduli HAM

id ham,peduli ham,pemprov sumsel

Sumsel targetkan daerah terbaik peduli HAM

Sekda Sumsel Nasrun Umar (ANTARA News Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menargetkan daerah ini menjadi yang terbaik terhadap  kepedulian Hak Asasi Manusia karena itu merupakan hak dasar dalam kehidupan.

"Kami menargetkan daerah ini sebagai provinsi terbaik peduli Hak Asasi Manusia (HAM). Oleh karena itu Sumsel kini terus berbenah," kata Sekda Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Nasrun Umar di Palembang, Kamis.

Sumsel akan jadikan sebagai provinsi terbaik peduli HAM guna memberikan rasa keadilan bagi masyaraka sesuai visi dan misi gubernur.

Memang, lanjut dia, ada beberapa indikator yang harus dipenuhi untuk mendapat predikat terbaik dalam peduli HAM.

Predikat itu antara lain hak atas kesehatan, pendidikan, hak perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, perumahan yang layak.

Dari catatan pada  2018, sedikitnya 14 dari 17 kabupaten dan kota di Sumsel lolos sebagai daerah peduli HAM. Sedangkan dua daerah lagi masuk kategori cukup peduli, dan satu daerah dinilai kurang peduli.

Sehubungan itu pihaknya mengapresiasi langkah yang diambil Kemenkumham yang menggelar rapat koordinasi dengan kabupaten dan kota yang peduli HAM.

Melalui rapat koordinasi itu maka akan didapat kelemahan yang telah dilaksanakan selama ini terutama dalam pemenuhan HAM.

Selain itu dengan adanya Rakor diharapkan hukum ataupun peraturan daerah yang dihasilkan pemerintah jangan sampai bertentangan dengan HAM.

Sehubungan itu pihaknya juga optimistis seluruh kabupaten dan kota di Sumsel masuk dalam kategori peduli HAM.

Hal ini karena berbicara mengenai HAM merupakan hak dasar yang paling hakiki bagi manusia dan itu anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa sebab HAM bersifat universal dan harus dijunjung tinggi.

Pihaknya yakin pemerintah kabupaten dan kota di Sumsel memiliki perhatian penuh terhadap penegakan HAM.

Begitu juga Pemprov Sumsel terus mengupayakan agar daerah peduli HAM terbaik akan tercapai, tambah dia.