Pelayanan dokumen keimigrasian calon haji embarkasi Palembang lancar

id Haji, embarkasi hajo palembang, prlaysnan dokumen keimigrasian calon hsji palembang, imigrasi palembang,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel

Pelayanan dokumen keimigrasian calon haji embarkasi Palembang  lancar

Kasilantaskim Triman dan tim Imigrasi Palembang melakukan pelayanan pemeriksaan dokumen keimigrasian calon haji kloter pertama Sumsel. (Antara Sumsel/Yudi Abdullah/19)

Palembang (ANTARA) - Pelayanan dan pemeriksaan dokumen keimigrasian bagi 448 calon haji kelompok terbang pertama asal Sumatera Selatan yang diberangkatkan melalui embarkasi Palembang, Minggu, berjalan lancar.

Pemeriksaan paspor dan dokumen keimigrasian calon haji yang diberangkatkan hari ini berjalan dengan tertib dan lancar, tidak ada temuan yang bisa menghambat keberangkatan ratusan jamaah itu, kata Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Palembang Triman, di Palembang, Minggu.

"Pelayanan pemeriksaan keimigrasian di mulai pukul 05.00 WIB, alhamdulillah lancar jumlah calon haji kloter pertama 450 orang namun yang berangkat 448 orang karena satu orang meninggal dan satu orang lagi sakit," ujarnya.

Untuk mendukung kelancaran pemberangkatan calon haji pada tahun ini, pihaknya menurunkan puluhan petugas melayani pemeriksaan dokumen keimigrasian jamaah yang akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah dan Madinah, Arab Saudi, melalui embarkasi haji Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

"Kami telah melakukan berbagai persiapan untuk melayani pemberangkatan 8.000 lebih calon haji asal Sumatera Selatan dan Bangka Belitung yang dijadwalkan kelompok terbang (kloter) pertama pada 7 Juli ini," katanya.

Dengan berbagai persiapan maksimal, diharapkan dapat membantu kelancaran pemberangkatan ribuan calon haji dari dua provinsi yang dibagi dalam 19 kelompok terbang itu.

Dia menjelaskan, pihaknya berupaya melakukan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang ditetapkan Kemenag berangkat haji pada Juli 2019 ini, sehingga dapat diberangkatkan tanpa menghadapi masalah dokumen keimigrasian ketika berada di negara Arab Saudi.

Untuk melakukan persiapan dokumen keimigrasian, terutama calon haji Sumsel, pihaknya sejak awal 2019 melakukan pelayanan khusus pembuatan paspor bagi masyarakat yang ditetapkan Kemenag berangkat pada tahun ini.

Pelayanan pembuatan paspor dilakukan dengan menyiapkan ruangan khusus untuk calon haji dan melakukan pelayanan "jemput bola" bagi jamaah yang berada di luar Kota Palembang, demikian Triman.

Pelepasan calon haji kloter pertama tersebut dilakukan Gubernur Sumsel Herman Deru, Kapolda Irjen Pol Firli, sejumlah anggota dewan dan unsur muspida lainnya.

Gubernur Sumsel pada kesempatan itu berpesan kepada seluruh calon haji untuk menjaga kesehatan dan sikap selama menjalankan ibadah.

Selain itu, meminta calon haji yang berangkat tahun ini untuk menjaga nama baik provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota ini.