243 haji OKU kloter 14 Palembang mendarat, tiga haji pulang lebih awal

id Jamaah haji, tanah suci, haji mabrur, Embarkasi Palembang, Kemenag OKU

243 haji OKU kloter 14 Palembang  mendarat, tiga haji pulang lebih awal

Jamaah haji asal Kabupaten OKU tiba di Tanah Air, Senin. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 243 haji Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan tiba di daerah asal dengan menggunakan tujuh bus yang disiapkan pemerintah daerah setempat.

"Alhamdulillah sore ini seluruh jamaah haji OKU tiba di daerah asal dengan selamat," kata Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) OKU Abdul Muis di Baturaja, Senin.

Dia mengatakan, 243 haji kloter 14 tersebut tiba di Debarkasi Palembang pada pukul 07.00 WIB dan langsung diberangkatkan ke Kabupaten OKU pukul 09.00 WIB.

Para haji diangkut menggunakan tujuh unit bus dan tiga unit truk pengangkut koper jamaah yang disiapkan Pemkab OKU.

Berdasarkan data, jumlah jamaah haji asal Kabupaten OKU yang diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah tahun ini sebanyak 246 orang ditambah dua petugas PhD dan masing-masing satu orang petugas TPHI serta TKHI.

Hanya saja, kata dia, tiga orang jamaah di antaranya dipulangkan ke Tanah Air lebih awal yaitu pada 14 Juli 2023 karena sakit.

Mereka adalah H Husin Daud Muid dan istrinya Hj Mukini Sofyan Surontani, serta H Muhammad Lukman Samad yang termasuk jamaah berusia uzur atau di atas 60 tahun.

Salah satu jamaah haji atas nama Husin Daud saat ini masih menjalani perawatan di RS Siti Fatimah Palembang untuk cuci darah atas penyakitnya.

Sementara, untuk Lukman Samad setiba di Tanah Air langsung diserahkan kepada keluarganya guna dirawat.

“Kita doakan semoga jamaah ini segera sehat dan bisa berkumpul dengan keluarga dan bagi jamaah lainnya semoga menjadi haji mabrur,” katanya.