Semester pertama 2019, Jamkrindo Palembang jamin 28.907 kredit UMKM

id jamkrindo, jamin kredit pelaku umkm, jamkrindo palembag, hut jamkrindo

Semester pertama 2019, Jamkrindo Palembang jamin 28.907 kredit UMKM

Pimpinan Cabang Jamkrindo Palembang Trio Witarko bersama Pemimpin Wilayah Kanwil II Palembang Perum Jamkrindo Adnan Lukman Hatta potong kue rayakan HUT ke-49 Jamkrindo. (Foto ANTARA News Sumsel/Yudi Abdullah/19)

Palembang (ANTARA) - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) Cabang Palembang, Sumatera Selatan,  selama semester pertama 2019 (Januari-Juni) telah menjamin 28.907 kredit pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan volume pinjaman mencapai Rp2,3 triliun.

Pelaku UMKM yang dijamin kreditnya tidak hanya yang berada di Kota Palembang tetapi juga di 16 kabupaten dan kota dalam wilayah Sumatera Selatan, kata Pimpinan Cabang Jamkrindo Palembang Trio Witarko di sela-sela acara syukuran peringatan HUT ke-49 perusahaan itu di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, selama 2019 ini pihaknya menargetkan penjaminan kredit kepada 50 ribu pelaku UMKM dengan volume penjaminan sebesar Rp5,2 triliun.

Berdasarkan data tersebut, hingga Juni 2019 pihaknya telah merealisasikan penjaminan kredit sekitar 49,3 persen atau sesuai dengan target yang ditetapkan.

Melihat perkembangan realisasi penjaminan kredit kepada masyarakat terutama pelaku UMKM atau sesuai dengan penugasan negara di wilayah kerja Kantor Jamkrindo Cabang Palembang, target penjaminan kredit pada tahun ini optimistis bisa dicapai, kata Witarko.

Sementara itu Pemimpin Wilayah Kanwil II Palembang Perum Jamkrindo Adnan Lukman Hatta menambahkan pihaknya berupaya meningkatkan akses sumber pembiayaan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di lima provinsi Sumatera Bagian Selatan meliputi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung.

Bagi masyarakat yang mengembangkan UMKM dan terkendala memperoleh pinjaman modal karena keterbatasan agunan, bisa memanfaatkan perusahaan milik negara yang bergerak di bidang penjaminan kredit bank dan nonbank itu.

Kontribusi Perum Jamkrindo kepada masyarakat di Wilayah Kanwil II Palembang meliputi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung selama semester pertama 2019 ini cukup besar.

Berdasarkan data Januari-Juni pihaknya telah memfasilitasi puluhan ribu pelaku UMKM memperoleh kredit untuk modal dan pengembangan usaha dengan volume penjaminan sekitar Rp6,5 triliun.

Realisasi penjaminan kredit pelaku UMKM tersebut sesuai dengan target yang ditetapkan perusahaan pada tahun ini sebesar Rp13,5 triliun, kata Adnan.