Basarnas cari nelayan hilang di perairan Halmahera Selatan

id Basarnas,nelayan hilang, pencarian nelayan, nelayan hilang, perairan halmahera selatan

Basarnas cari nelayan hilang di perairan Halmahera Selatan

Tim Basarnas melakukan pencarian nelayan hilang di perairan Tutupa, Kabupaten Halmahera Selatan (Abdul Fatah)

Ternate (ANTARA) - Basarnas Ternate, Maluku Utara  di hari kelima masih melakukan pencarian terhadap Asmar (40 tahun), warga Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan yang terjatuh saat memancing di perairan Tutupa.

Kepala Basarnas Ternate M Arafah di Ternate, Minggu (21/4), mengatakan pencarian yang dilakukan dari pagi hingga sore hari pukul 17.30 WIT, juga tidak membuahkan hasil. Selanjutnya Tim SAR gabungan kembali ke posko untuk melaksanakan evaluasi dengan hasil pencarian di hari kelima masih nihil.

Selain itu, informasi juga telah disampaikan kepada kapal-kapal dan nelayan, apabila melintas di area tersebut dan menemukan korban agar secepatnya melaporkan kepada pihak Basarnas.

Pencarian hari ke 5 dimulai Pukul 07.30 Wit dan tim SAR gabungan dibagi menjadi 2 SRU Sesuai dg Rencana operasi yang telah dibuat. SRU 1 Melakukan Penyelaman di titik koordinat 00°41'15°S / 127°49'01T, dengan teknik penyapuan di sekitar karang yang berada di depan LKP yang dilakukan oleh team oleh rescue Basarnas.

Sedangkan SRU 2 melaksanakan pencarian di sepanjang pantai tutupa Bacan, Halmahera Selatan hingga diperluas sejauh dua NM, yang terdiri dari masyarakat dan team rescue Basarnas.

Sehingga, akan terus dilakukan sampai batas waktu yang telah ditentukan yakni selama tujuh hari sesuai dengan standar operasi SAR dan apabila tidak juga membuahkan hasil, akan dilakukan evaluasi dan rencana selanjutnya.