11 hari terapung di laut, tiga nelayan diselamatkan tanker

id kecelakaan laut, nelayan terapung, tanker

11 hari terapung di laut, tiga nelayan diselamatkan tanker

Nelayan diselamatkan kapal tanker saat berada di kapal SAR KN Kresna 232 setelah dievakuasi dari kapal tanker di perairan Aceh, Kamis (12/1/2024). ANTARA/M Haris SA

Banda Aceh (ANTARA) - Tim Badan SAR Nasional (Basarnas) mengevakuasi tiga nelayan asal Aceh yang diselamatkan sebuah kapal tanker setelah sempat terapung di lautan selama 11 hari.

Evakuasi berlangsung di Selat Benggala, perairan antara Pulau Aceh, Kabupaten Aceh Besar, dengan Pulau Weh, Kota Sabang, Aceh, berjarak 7,3 nautikal mil dari Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh, Jumat.

Evakuasi menggunakan kapal SAR KN Kresna 232.

Tiga nelayan yang dievakuasi tersebut, yakni Jekie Bowie (30) dan Baihaki (34) warga Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat serta Rinal Junaidi (46), warga Kutaraja, Kota Banda Aceh. Ketiga nelayan tersebut merupakan awak KM Sultan Meulaboh Capsize.



Kepala Basarnas Banda Aceh Ibnu Harris Al Hussain mengatakan ketiga nelayan tersebut diselamatkan kapal tanker SC Gold Ocean, Kamis (11/1) sekitar pukul 10.00 waktu setempat. Kapal berbendera Kepulauan Marshall itu sedang berlayar dari Pelabuhan Tanjung Pelepas, Malaysia ke Mumbai, India.

"Kapal tanker tersebut menemukan tiga nelayan Aceh itu sedang terapung dalam kondisi kapal mereka tenggelam di perairan barat, 90 nautikal mil dari Pulau Weh. Kemudian, mereka diselamatkan dan dinaikkan ke kapal SC Gold Ocean," katanya.

Kondisi ketiga nelayan tersebut saat dievakuasi dalam keadaan sehat. Sebelumnya, mereka sempat terkatung-katung di lautan selama 11 hari setelah kapal mereka mengalami kebocoran.

Ibnu Harris mengatakan setelah menyelamatkan ketiga nelayan, kapal tanker tersebut menginformasikan untuk proses evakuasi. Basarnas mengerahkan tim evakuasi dan memberangkatkan KN Kresna dari Pelabuhan Ulee Lheue pada Kamis (11/1) sekitar pukul 22.30 WIB.