Kominfo Muba ajak komunitas digital bangun industri kreatif

id kominfo, industri kreatif digital, komunita sdigital, kembangkan industri kreatif digital

Kominfo Muba ajak komunitas digital bangun industri kreatif

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Musi Banyuasin, Dicky Meiriando ketika berkunjung ke Kantor Dewan Pusat TIK Nasional, Jakarta, Selasa (9/4). (ANTARA News Sumsel.com/19)

Sekayu, Musi Banyuasin (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan mengajak anak muda yang tergabung dalam komunitas digital kabupaten setempat untuk membangun industri kreatif digital.

"Komunitas digital yang ada di kabupaten ini diarahkan menjadi suatu ekosistem yang berkelanjutan dan kompetitif, sehingga diharapkan nantinya dapat mendorong tumbuhnya industri kreatif digital," kata Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Musi Banyuasin, Dicky Meiriando di Sekayu, Jumat.

Pemkab Musi Banyuasin berkomitmen mewujudkan daerah ini menjadi kabupaten cerdas (smart regency).

Untuk mewujudkan "smart regency" dan membangun industri kreatif digital, pihaknya tidaknya hanya fokus membangun infrastruktur digital, tetapi juga mengembangkan komunitas digital.

Kemudian mempersiapkan fasilitas pendukung di Kantor Dinas Kominfo seperti virtual room, studio tv, studio radio, breakout corner, dan coworking space yang didukung internet wifi

Infrastruktur digital di Kantor Dinas Kominfo Musi Banyuasin yang dirancang menjadi "millennial office" itu diharapkan dapat menarik anak-anak muda komunitas digital untuk berkumpul membangun industri kreatif digital.

Fasilitas yang ada di Kantor Dinas Kominfo disiapkan menyesuaikan dengan kebutuhan zaman generasi milenial sehingga bisa memberikan manfaat yang lebih besar.

Dia menjelaskan, untuk membangun industri kreatif digital, pihaknya melakukan pertemuan dengan pengurus Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi (MIKTI) pada Selasa (9/4) di Kantor Dewan Pusat TIK Nasional, Jakarta.

Melalui konsep "smart regency" dan pemberdayaan komunitas digital, diharapkan ke depan kabupaten ini dapat menjadi pusat industri kreatif digital,

Industri kreatif digital yang diharapkan bisa dikembangkan oleh komunitas atau perkumpulan yang mewadahi pelaku-pelaku kreatif digital seperti industri games, industri perangkat lunak pendidikan, industri musik digital, industri animasi, industri perangkat lunak dan aplikasi.