Kesehatan 6.0

id kesehatan,kesehatan 6.0,revolusi industri,teknologi kesehatan,reformasi kesehatan,berita palembang, berita sumsel

Kesehatan 6.0

Tenaga medis memeriksa kesehatan mata peserta operasi katarak di Graha Mantap, Jakarta, Rabu (24/1/2024). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom/am.

Jakarta (ANTARA) - Di ambang revolusi industri 5.0, kita sudah mulai menyaksikan fenomena "Kesehatan 6.0".

Era ini tidak hanya akan didefinisikan oleh kemajuan teknologi semata, tapi juga oleh bagaimana teknologi tersebut menyatu dengan kehidupan manusia, mengubah paradigma kesehatan dari sekadar pengobatan menjadi pencegahan, personalisasi, dan partisipasi aktif para pasien dalam layanan kesehatan mereka.

Kesehatan 6.0 menggabungkan teknologi canggih seperti metaverse, blockchain, kecerdasan buatan (AI), big data, sel punca (stem cells), nanoteknologi, nanomedisin, dan optogenetik dalam satu ekosistem terintegrasi. Ini membuka jalan bagi layanan kesehatan yang lebih inklusif, efisien, dan personal.

Metaverse, dengan kemampuannya untuk menciptakan realitas virtual yang imersif, menawarkan potensi luar biasa dalam pendidikan kesehatan, rehabilitasi, dan terapi. Pasien dapat mengakses perawatan tanpa batas geografis, menghilangkan hambatan akses yang sering kali dihadapi oleh masyarakat di negara berkembang seperti Indonesia.

Blockchain, di sisi lain, menjamin keamanan dan transparansi data kesehatan, memungkinkan pertukaran informasi medis yang aman dan efisien antar pihak. Ini sangat penting di negara berkembang, di mana sistem rekam medis sering kali belum terintegrasi dengan baik.

AI dan big data berperan dalam analisis data kesehatan secara masif untuk memprediksi wabah penyakit, personalisasi perawatan, dan pengembangan obat. Teknologi ini bisa sangat membantu negara berkembang dalam mengatasi tantangan seperti sumber daya terbatas dan akses ke perawatan kesehatan.