Menhub: Keselamatan transportasi perairan harus diprioritaskan

id Menhub,keselamatan transportasi,budi karya sumadi,menteri perhubungan,sosialisasi keselamatan kerja,transportasi perairan

Menhub: Keselamatan transportasi perairan harus diprioritaskan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) berjoget bersama perwakilan peserta di sela sosialisasi keselamatan pelayaran dan transportasi pendukung di area pelabuhan Bom baru Palembang, Sumsel, Rabu (10/4/2019). ANTARA News Sumsel/Feny Selly/wsj

Palembang (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, keselamatan transportasi perairan harus diutamakan karena selama ini sering terjadi kecelakaan.

"Wilayah perairan di daerah ini cukup luas sehingga penting diutamakan keselamatan," kata Menhub saat sosialisasi keselamatan pelayaran dan pendukung di Palembang, Rabu.

Bukan itu saja tetapi transportasi sungai di Palembang juga menghubungkan daerah atau kabupaten lainnya sehingga keselamatan harus diutamakan.

Memang keselamatan itu suatu keharusan dari transportasi, sehingga dalam keseharian dan tatap muka pihaknya selalu menyampaikan pentingnya keselamatan transportasi tersebut.

Menurut Budi Karya, paling utama lagi setiap pemangku kepentingan harus berkomitmen terlebih dahulu tentang keselamatan transportasi.

Dirinya minta instansi terkait untuk berkomitmen terlebih dahulu tentang keselamatan karena mereka yang merencanakan dan mengeksekusi serta menjalankan aturan tersebut.

Dia mencontohkan, masalah kapal dari awal direncanakan dan dipikirkan bagaimana transportasi perairan itu yang memenuhi syarat berkeselamatan.

Oleh karena itu dengan adanya deklarasi pihaknya senang sekali karena dari komitmen mereka itu keselamatan akan tercipta.

Selain itu perlu menggunakan fasilitas keselamatan seperti jaket dan lain sebagainya, ujar menteri.

Sosialisasi itu juga untuk memperbaiki tata cara, tata kelola mereka dalam menggunakan transportasi, katanya.