BNN Sumsel maksimalkan pencegahan narkoba kalangan pemuda

id bn, cegah, pencegahan, kegiatqn pencegahan, narkoba, cegah penyalahgunaan narkoba, kalangan pemuda,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, ant

BNN Sumsel maksimalkan pencegahan narkoba kalangan pemuda

Stop narkoba. (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Palembang, 22/2 (ANTARA News) - Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Selatan berupaya memaksimalkan kegiatan pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, zat adiktif, dan obat-obatan berbahaya terutama di kalangan pemuda.

"Pemaksimalan kegiatan pencegahan itu perlu dilakukan untuk melindungi dan menyelamatkan generasi muda seperti pelajar dan mahasiswa dari pengaruh barang terlarang itu," kata Kepala BNN Sumatera Selatan, Brigjen Pol Jhon Turman Panjaitan di Palembang, Jumat.

Dia mengatakan generasi muda sangat rentan terpengaruh penyalahgunaan narkoba sehingga dengan gencarnya kegiatan pencegahan diharapkan dapat membentengi mereka dari jaringan pengedar barang terlarang itu.

"Jumlah korban penyalahgunaan narkoba akhir-akhir ini terus meningkat dan menyentuh berbagai kalangan dan lapisan masyarakat, menghadapi kondisi itu perlu dilakukan tindakan pencegahan yang lebih serius," ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk melakukan tindakan pencegahan, pihaknya menggalakkan kegiatan sosialisasi mengenai bahaya narkoba bagi kesehatan dan perkembangan mental generasi muda yang diharapkan menjadi generasi penerus bangsa.

Dalam kegiatan sosialisasi itu, pihaknya juga mengingatkan kepada pemuda dan masyarakat secara umum untuk tidak coba-coba mengkonsumsi dan memiliki narkoba.

Dikatakan, jika sampai ditemukan petugas terbukti memakai, menyimpan dan mengedarkan barang terlarang ini akan dikenakan sanksi hukum yang cukup berat.

Kegiatan sosialisasi untuk mencegah timbulnya korban penyalahgunaan narkoba terutama di kalangan pemuda, dilakukan di sekolah-sekolah, kampus perguruan tinggi, kawasan permukiman penduduk, kelompok masyarakat tertentu.

Selain itu juga menyasar sejumlah pusat kegiatan masyarakat lainnya, serta melalui media massa cetak dan elektronik.

Pihaknya juga mengajak masyarakat Sumsel untuk berpartisipasi memerangi narkoba dengan tidak takut melaporkan orang-orang yang terlibat dalam jaringan bandar narkoba.

Turman juga meminta agar membawa anggota keluarga atau tetangga yang menjadi pencandu narkoba ke kantor BNN untuk menjalani proses rehabilitasi.