Masyarakat diimbau waspada penyakit musim hujan

id musim hujan,penyakit,berita sumsel,berita palembang,batuk, pilek, gangguan pernafasan

Masyarakat diimbau waspada penyakit musim hujan

Ilustrasi- Batuk. (Ist)

Baturaja, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Masyarakat Desa Mendingin, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan diimbau untuk mewaspadai penyebaran berbagai penyakit pada musim hujan yang dapat menyerang warga di wilayah itu.

Kepala UPTD Puskesmas Mendingin, Kecamatan Ulu Ogan, Ogan Komering Ulu, Marbawi di Baturaja, Minggu mengatakan bahwa saat musim hujan berbagai penyakit rentan menyerang penduduk sehingga masyarakat diimbau untuk mewaspadainya.

"Banyak penyakit bisa menyerang penduduk saat musim hujan seperti batuk, pilek, gangguan pernafasan atau Ispa, muntaber, diare hingga demam berdarah dangue (DBD)," katanya.

Menurut dia, berbagai macam penyakit tersebut sering kali menyerang masyarakat yang disebabkan oleh perubahan cuaca dan pola hidup yang kurang baik khususnya DBD.

Hanya saja kata dia, sejauh ini pihaknya belum menemukan adanya kasus penduduk di wilayah setempat yang terserang penyakit demam berdarah tersebut.

"Namun kami terus mengkampanyekan program 3M agar masyarakat mencegah penyebaran penyakit tersebut," tegasnya.

Dia mengemukakan, program 3M tersebut yaitu menguras bak penampungan air secara rutin agar mengurangi perkembangbiakan dari nyamuk yang membawa potensi DBD.

Sebab lanjut dia, air yang keruh dan jarang dikuras menjadi tempat nyamuk bertelur dan menempatkan jentik-jentiknya untuk berkembangbiak.

"Kemudian menutup tempat penampungan air dan mengubur barang bekas menjadi program 3M guna memberantas DBD," ujar dia.