Unsri siap laksanakan seleksi mahasiswa baru 2019

id mahasiswa,anis saggaf,rektor unsri

Unsri siap laksanakan seleksi mahasiswa baru 2019

Dok.(ANTARA Sumsel News/Nova Wahyudi/dol/18)

Palembang, (ANTARA News Sumsel) - Universitas Sriwijaya siap melaksanakan seleksi penerimaan mahasiswa baru pada tahun 2019 ini dengan menggunakan IT sehingga hasilnya cepat dan tepat serta lebih transparan.  
 
Rektor Unsri, H Anis Saggaff di Palembang, Rabu menyampaikan hal itu terkait dengan Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri PTN.

Menurutnya, pada ujian tahun 2019 ini akan diawali dengan sistem Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Sebenarnya untuk UTBK tidak perlu gugup sama seperti dulu, hanya saja dulu menggunakan base on paper dan harus ngumpul ramai-ramai. Sedangkan sekarang zaman now ini sudah menggunakan IT agar berjalan lebih cepat, tepat dan transparan.

Untuk ini tentunya akan dilakukan secara bertahap dan peserta yang mengikuti ujian sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Dengan IT lebih cepat dan hemat tidak lagi menggunakan kertas, tes yang dilakukan sama seperti dulu hanya saja menggunakan komputer.

Untuk pelaksanaan SNMPTN 2019, dilaksanakan langsung oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang telah bersifat permanen, dan memiliki manajemen database terintegrasi.

Kemudian, juga ada perubahan daya tampung dari masing-masing jenis seleksi. Untuk SNMPTN 20 persen. Selanjutnya SBMPTN 40 persen dari sebelumnya hanya 30 persen dan USM maksimum 30 persen.

Dalam tahapan SNMPTN dan SBMPTN, ujian ini menggunakan hasil UTBK (ujian tulis berbasis komputer) terbagi dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).

Untuk biaya pendaftaran masuk yakni Rp200 ribu dengan ketentuan, setiap siswa diperbolehkan memilih paling banyak dua program studi dari satu PTN atau dua PTN.

Untuk jadwal pendaftaran dimulai dari 1 Maret sampai 1 April, pelaksanaan 13 April sampai 26 Mei 2019, dan pengumuman hasil UTBK 10 hari setelah pelaksanaan UTBK.

Sementara itu, Humas dan Publikasi Unsri, Zulkifli Dahlan menambahkan ujian UTBK dilaksanakan 20 kali tes dengan perkiraan 22 ribu peserta, dalam satu kali tes berjumlah 1.000 peserta.

Pelaksanaan di setiap ruangan seperti fakultas-fakultas dan perpustakaan Unsri Bukit Besar dan perpustakaan Unsri Indralaya dengan menyiapkan fasilitas multimedia komputer yang telah disiapkan, katanya.