Kakanwil: Masalah haji dan umrah jadi perhatian utama

id Alfajri Zabidi,Kakanwil Kementerian Agama Sumatera Selatan,haji,umrah,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,masalah Umroh dan

Kakanwil: Masalah haji dan umrah jadi perhatian utama

Kakanwil Kemenag Sumsel Alfajri Zabidi (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kakanwil Kementerian Agama Sumatera Selatan, Alfajri Zabidi mengatakan masalah haji dan umrah di provinsi tersebut sudah menjadi perhatian utama pihaknya.

Hal ini karena kedua masalah tersebut minatnya cukup banyak sehingga perhatian harus lebih diutamakan, kata Kakanwil dalam rapat koordinasi masalah Umroh dan Haji (Jamarah) di Palembang, Rabu.

Dia menambahkan bahkan saja haji yang pemberangkatannya harus menunggu hingga 13 tahun lebih tetapi juga umrah.

Untuk umrah sendiri, lanjutnya daftar tunggunya mencapai 12 ribu itu berarti minatnya cukup banyak.

Sehubungan itu pihaknya akan berupaya memberikan pelayanan terbaik sehingga ibadah haji dan umrah tersebut berjalan lancar, ujar dia.

Memang, menurutnya pembinaan, pelayanan dan perlindungan terhadap jemaah haji dan umrah Indonesia sudah dilaksanakan secara baik.

Namun, ujar dia permasalahn layanan hal yang dinamis sehingga kadang adanya celah baik responsibility, tranparansi dan lainnya.

Hal ini tentunya tidak semudah membalikkan tangan,ini adalah hal yang dinasmis, maka perlu inovasi, trobosan dan masukan, lanjut Kakanwil.

Oleh sebab itu rapat Jamarah yang diikuti Kankemenag Kabupaten dan Kota, Mahasiswa, dosen UIN tersebut untuk membahas permasalahan haji dan umrah supaya semakin baik.

Ketua panitia Jamarah yang juga Kabid Haji Kanwil Kemenag Sumsel, Darami mengatakan tujuan kegiatan Jamarah supaya terpublikasikannya kebijakan haji dan umroh, penyelesaian permasalahan, skema haji dan umroh di daerah.

Selain itu juga untuk menerima masukan haji dan umroh dari masyarakat, tambah dia.