Dishub temukan beberapa kapal tanpa alat keselamatan

id kapal,kapal motor,alat keselamatan,dishub

Dishub temukan beberapa kapal tanpa alat keselamatan

Arsip - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membagikan 100 jaket pelampung kepada operator dan penumpang kapal ketek dan jukung di Dermaga Jembatan Ampera Palembang, Minggu (27/5) (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dinas Perhubungan Kota Palembang masih menemukan beberapa transportasi air yang tidak dilengkapi alat keselamatan untuk penumpang. 

"Yang kami temukan ada beberapa kapal jenis speedboat kecil yang tidak memiliki alat keselamatan penumpang. Tentunya ini sangat membahayakan jika ada kejadian yang tidak diinginkan," ujar Kepala Bidang Hubungan Laut, Angkutan Sungai dan Penyebrangan (ASDP) Dishub Palembang, Syarifudin, Rabu.

Pihaknya mengetahui hal ini ketika dishub palembang bersama intansi Polairud melakukan razia sejak minggu lalu seperti di pelabuhan 16 Ilir.
Dalam razia tersebut, para pemilik kapal beralasan jika alat keselamatan mahal dibandingkan upah yang didapatkannya.

Meskipun begitu, alat keselamatan ini wajib dipenuhi terlebih lagi kondisi cuaca yang ekstrem yang melanda Kota Palembang sejak beberapa pekan terakhir.

"Alat keselamatan yang harus dipenuhi ini yaitu, jaket pelampung, sirine, racun api dan lain sebagainya," tegasnya.

Untuk saat ini pihaknya masih memberikan keringanan hingga Januari mendatang. Jika tetap tidak melengkapinya pihaknya tidak segan-segan melakukan penindakan seperti pencabutan izin.

Ia juga mengimbau bagi para nelayan untuk tidak berlayar pada malam hari karena kondisi cuaca tidak menentu.

"Kalau dirasa membahayakan seperti adanya angin kencang maka lebih baik jangan berlayar apalagi saat malam," tutupnya.