Produksi getah karet OKU Timur menurun drastis

id karet,petani,petani karet,kebun karet,getah,harga karet turun,lelang karet

Produksi getah karet  OKU Timur menurun drastis

Dokumen - Petani menyadap karet (ANTARA News Sumsel)

Martapura (ANTARA News Sumse) - Produksi getah karet di sejumlah lahan perkebunan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan mengalami penurunan 50 persen dampak musim kemarau panjang tahun ini, kata para petani karet di kabupaten itu.

"Hasil produksi karet semakin menurun karena pohon mengalami kekeringan akibat kemarau, sehingga getah yang dihasilkan dari menyadap cenderung lebih sedikit," kata petani karet di Desa Raman Agung, Kecamatan Buay Madang Timur, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Abas di Martapura, Sabtu.

Dia mengungkapkan, sebelum musim kemarau melanda di wilayah itu produksi karet yang diperoleh dari lahan seluas satu hektare (Ha) dapat mencapai 100 Kg.

Namun sejak pergantian musim pancaroba, getah yang dihasilkan dari menyadap pohon karet di kebun milikinya itu hanya sekitar 50 kg getah bersih.

"Hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan biaya operasional. Belum lagi harga jualnya saat ini juga turun," kata Nopi petani karet lainnya.

Dia mengemukakan, harga jual karet ditingkat pengepul sejak sepekan terakhir mengalami penurunan Rp1.500 untuk setiap kilogramnya.

"Sebelumnya harga jual getah karet mingguan masih diangka Rp7.500 per kg, sekarang turun menjadi Rp6.000 per kg," kata dia.

Dengan menurunnya produksi serta anjloknya harga jual tersebut membuat pendapatan petani semakin terpuruk sehingga mereka enggan menyadap pohon karet.

"Bahkan, beberapa di antara kami lebih memilih bekerja sebagai buruh serabutan dari pada menyadap karet untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan biaya pendidikan anak," ujar dia.