Pasar murah, harga telur Rp20.000/Kg

id pasar murah,idul adha,sembako

Pasar murah, harga telur Rp20.000/Kg

Suasana Pasar murah di Halaman Dinas Pertahanan Pangan dan Peternakan Sumsel, Selasa (8/8). (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)

....Alhamdulilah terbantu dengan pasar murah ini, saya kan dagang model jadi modal untuk telur bisa berkurang, beras juga saya tadi beli lebih murah dari harga warung, sering-sering sajalah pokoknya ada pasar murah....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Menjelang hari Raya Idul Adha Dinas Pertahanan Pangan dan Peternakan Sumatera Selatan menggelar pasar murah di Jalan Kolonel H Burlian KM 6, Selasa.

"Kami mengambil momen menjelang hari Raya Idul Adha yang tinggal 2 pekan lagi, dimana harga-harga komoditas pangan acap bergerak naik, maka pasar ini bisa dijadikan solusi untuk masyarakat," kata Kepala Dinas Pertahanan Pangan dan Peternakan Taufik Gunawan.

Menurutnya, pasar murah pada dasarnya untuk menyeimbangkan harga di pasar tradisional, yakni ketika harga di pasar naik lalu masyarakat menyerbu pasar murah, maka harga di pasar secara umum stabil kembali, selain itu pihaknya berencana secara rutin mengadakan pasar murah di luar momen hari besar keagamaan. 

Ada 25 pedagang mitra Dinas pertahanan pangan dan peternakan yang ikut ambil bagian menjual komoditas pangan maupun pangan olahan pada pasar murah tersebut dengan memberlakukan harga eceran terendah. 

Pada pasar murah ini harga beras PTI dijual Rp8.500/Kg, beras Bulog Rp9.000, daging sapi Rp80.000/Kg, minyak goreng Rp12.000/Kg, cabai merah Rp40.000/Kg dan daging ayam Rp29.000/Kg. 

"Harga telur ayam disini Rp20.000/Kg, kalau di pasar Rp24.000 - Rp26.000/Kg, memang harga telur ini sempat naik tinggi beberapa waktu lalu, namun sekarang bertahap turun dan kami mendorongnya lewat pasar murah," ujar Taufik Gunawan. 

Dia menambahkan, pasar murah tersebut tidak menyediakan paket harga khusus agar masyarakat lebih leluasa memilih bahan pangan dan pangan olahan, sementara pasar murah diadakan sejak 8 - 10 Agustus 2018, buka pukul 08.00 - 16.00 WIB di halaman kantor Dinas Pertahanan pangan tepat di depan RSUD Sumsel. 

Salah satu pembeli di pasar murah tersebut Siti Nurzahrah mengatakan terbantu dengan adanya pasar murah tersebut karena bisa memperkecil pengeluaran usaha dagangannya. 

"Alhamdulilah terbantu dengan pasar murah ini, saya kan dagang model jadi modal untuk telur bisa berkurang, beras juga saya tadi beli lebih murah dari harga warung, sering-sering sajalah pokoknya ada pasar murah," ungkap Siti.