Kejari OKU ringankan warga dengan operasi pasar murah

id Pasar murah, gerakan pangan murah, kebutuhan pokok, Kejari OKU

Kejari OKU ringankan warga dengan  operasi pasar murah

Kejaksaan Negeri OKU menggelar operasi pasar Ramadhan 1445 Hijriah, Selasa (2/4/2024). (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Kejaksaan Negeri (Kejari) Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan menggelar operasi pasar murah yang menyediakan berbagai barang kebutuhan pokok untuk dijual dengan harga terjangkau masyarakat.

Kepala Kejari OKU Choirun Parapat di Baturaja, Selasa, mengatakan gerakan pangan murah itu secara serentak di seluruh wilayah hukum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel.

Hal itu dilakukan menindaklanjuti instrusi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam upaya membantu pemerintah menekan inflasi, terutama pada harga beras yang sedang melonjak di pasaran.

Dalam gerakan tersebut, pihaknya menggandeng Perum Bulog OKU sebagai pihak penyedia barang kebutuhan pokok, antara lain beras, minyak goreng, dan daging beku untuk dijual dengan harga terjangkau warga.

"Operasi pasar ini dilakukan serentak di seluruh wilayah hukum Kejati Sumsel," katanya.

Untuk Kabupaten OKU, pihaknya menyiapkan 2,5 ton beras stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP), 1 ton minyak goreng, dan 300 kilogram daging kerbau beku.

"Seluruh barang kebutuhan pokok ini dijual jauh lebih murah dari harga pasar," katanya.

Operasi pasar tersebut dibuka untuk masyarakat umum. Mereka secara bebas membeli barang kebutuhan pokok untuk kebutuhan sehari-hari, terutama saat bulan puasa.

"Masyarakat tidak dibatasi dalam artian dapat membeli sembako dalam jumlah banyak," ujarnya.

Ia berharap, gerakan pangan murah tersebut dapat membantu meringankan beban masyarakat, terutama untuk memenuhi kebutuhan Idul Fitri 1445 Hijriah.