Jelang Ramadhan kebutuhan elpiji 3 Kg diprediksi meningkat

id elpiji,pertamina,konsumsi,gas elpiji,kebutuhan gas elpiji,pertamina mor ii,pertamina sumbagsel

General Manager PT Pertamina (Persero) MOR II Erwin Hiswanto (kiri) meninjau kios gas elpiji (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/17)

....Peningkatan konsumsi elpiji biasanya terjadi mendekati Idul Fitri, karena itu kami sudah meningkatkan penyaluran elpiji berbagai varian pada Juni....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pertamina Marketing Operation Region II Sumatera bagian Selatan memprediksi adanya peningkatan kebutuhan terhadap elpiji tabung 3 Kilogram (Kg) menjelang bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2018.

General Manager Marketing Operation Region (MOR) II Sumatera bagian Selatan Erwin Hiswanto di Palembang, Rabu mengatakan, prediksi peningkatan konsumsi elpiji tiga kilogram ini diperkirakan mencapai 11 persen.

Karena itu, sebagai antisipasi rencana penyaluran elpiji 3 Kg di wilayah Sumbagsel pada Juni diprakirakan naik hingga 3,6 persen dari penyaluran Mei. Jika dibandingkan dengan penyaluran lebaran 2017 maka terdapat peningkatan penyaluran sebanyak delapan persen, katanya.

Untuk elpiji 12 kilogram rencana penyaluran pada Juni diperkirakan menurun sebanyak lima persen dibandingkan penyaluran Mei yang diakibatkan oleh libur lebaran.

Namun demikian, lanjutnya, Pertamina tetap menyiapkan rencana penyaluran elpiji 12 Kg sebanyak 3.526 metrik ton serta varian bright gas 5,5 kilogram sebanyak 347 MT dan bright gas 12 Kg 721 MT untuk periode H-15 dan H+15.

Sementara untuk Sumatera Selatan penyaluran elpiji tiga kilogram pada Juni diperkirakan meningkat sekitar 5,85 persen dan penyaluran 12 Kg berkurang sekitar 4,9 persen jika dibandingkan dengan penyaluran pada Mei.

Pertamina MOR II Sumbagsel juga telah mempersiapkan lembaga penyalur di Sumsel sebanyak 115 agen elpiji 3 Kg, dan 1.707 pangkalan elpiji 3 Kg siaga dan 21 agen elpiji 12 Kg.

"Peningkatan konsumsi elpiji biasanya terjadi mendekati Idul Fitri, karena itu kami sudah meningkatkan penyaluran elpiji berbagai varian pada Juni sebagai antisipasi meningkatnya konsumsi masyarakat," ujarnya.

Sementara mengenai avtur, ia menjelaskan, selama masa mudik, pihaknya juga telah menyiapkan proyeksi peningkatan penyaluran di setiap provinsi di Sumatera Bagian Selatan.

Untuk Provinsi Sumatera Selatan yaitu di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang diprediksi konsumsi avtur mencapai 175 Kl selama periode H-7 hingga H+7 lebaran.

Kebutuhan avtur ini meningkat 25 Kl atau 16 persen lebih banyak daripada prediksi konsumsi selama Juni.

Ia berharap, seluruh inovasi pelayanan dan distribusi energi yang dilakukan oleh Pertamina dapat memberikan kenyaman dan kemudahan serta memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri.

"Kami bangga bisa melakukan ini semoga dengan terjaganya ketahanan energi, masyarakat bisa menjalankan ibadah puasa dan merayakan lebaran dengan nyaman dan tenang," katanya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar