Jelang Asian Games, Pembangunan Jembatan Musi IV dikebut

id musi iv,jembatan musi iv,musi iv dikebut,pembangunan jembatan musi iv,jembatan,PU bina marga,asian games

Jelang Asian Games, Pembangunan Jembatan Musi IV  dikebut

Sejumlah pekerja melakukan pembangunan jembatan alternatif Musi VI dan IV Palembang, Sumsel (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/17/I016)

....Secara keseluruhan progres pembangunan jembatan mencapai 61,58 persen dari rencana target 61,41 persen. Untuk rangka jembatan sendiri sudah rampung....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pekerjaan pembangunan Jembatan Musi IV Palembang, Sumatera Selatan, terus dikebut untuk mengejar target selesai sebelum Asian Games IV pada Agustus mendatang.

Pejabat Pembuat Komite (PPK) Jembatan Musi IV Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang, Joko Saputra di Palembang, Selasa, mengatakan jembatan yang memiliki panjang keseluruhan mencapai 1.125 meter dan lebar 11,50 meter ini sudah tersambung antara sisi bagian hulu dan hilirnya.

"Secara keseluruhan progres pembangunan jembatan mencapai 61,58 persen dari rencana target 61,41 persen. Untuk rangka jembatan sendiri sudah rampung. Pengerjaan saat ini difokuskan pada pembersihan lantai jembatan di bentang tengah sepanjang 200 meter," kata dia.

Menurutnya, pembersihan ini akan memakan waktu sekitar satu minggu, kemudian dilanjutkan dengan proses pengecoran yang dijadwalkan akan dilakukan pada minggu ketiga atau keempat pada April ini.

"Waktu pengerjaan pada proses pengecoran sendiri diperkirakan memakan waktu sekitar dua minggu. Artinya secara fisik pembangunan jembatan Musi IV ini tidak ada masalah," kata dia.

Hanya saja, kata dia, kemungkinan besar Jembatan Musi VI ini belum dapat dipergunakan saat pagelaran Asian Games mendatang.

Hal itu mengingat belum diselesaikannya pembebasan lahan untuk akses menuju jembatan.

"Nantinya progress pembangunan akan mentok di posisi 60 persen jika pembebasan lahan tidak diselesaikan," kata dia.

Menurutnya, pekerjaan pembuatan akses menuju Jembatan Musi IV ini membutuhkan waktu 4-5 bulan sehingga saat Asian Games dipastikan belum bisa digunakan.

Untuk pengerjaan yang belum bisa dikerjakan itu meliputi juga pilar-pilar yang menyambungkan ke jalan utama seperti pilar 1, pilar 2 dan pilar 3 (bagian Seberang Ilir) dan pilar 11 (bagian Seberang Ulu) serta abodmen satu dan dua.

Ia mengemukakan lahan akses pendekat yang belum bebas ini yakni sekitar 300 meter di Seberang Ilir dengan bangunan sekitar 30 rumah, dan 200 meter di Seberang Ulu yang berdampak terhadap sekitar 15 unit rumah.

"Info yang didapatkan, tinggal pencairan saja, namun hingga kini belum ada info lebih lanjut. Sebab masalah itu bukan wewenang kami," kata dia.

Untuk itu, Joko berharap persoalan pembebasan lahan ini cepat diselesaikan, sehingga para pekerja bisa langsung mengerjakannya karena bahan dan alat sudah berada di lokasi proyek.

Sementara itu saat dikonfirmasi PPK Pembebasan Lahan Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Sumsel, Hilmansyah mengatakan, bahwa saat ini pihaknya masih menunggu pencairan dana untuk pembayaran ganti rugi.

"Untuk totalnya Rp25 miliar. Saat ini anggarannya belum cair. Kemungkinan dalam waktu dekat diprediksi," kata dia.