STB: Indonesia pasar wisatawan utama Singapura

id stb,pameran wisata singapura,indonesia pangsa pasar singapura,singapura, wisata singapura,pangsa singapura,promosi wisata, objek wisata,wisatawan

STB: Indonesia pasar wisatawan utama Singapura

Pameran wisata "Singapore Travel Fair" di Atrium Palembang Icon Mal, Jumat (9/3) (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/18)

....Jumlah wisatawan asal Indonesia yang berkunjung ke Singapura sepanjang 2017 mencapai 2,9 juta orang atau setiap tahunnya mengalami pertumbuhan sekitar 2 persen....
Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Direktur Area Indonesia Badan Pariwisata Singapura "Singapore Tourism Board-STB", Raymon Lim menyatakan Indonesia menjadi salah satu pasar wisatawan utama negaranya.

"Jumlah wisatawan asal Indonesia yang berkunjung ke Singapura sepanjang 2017 mencapai 2,9 juta orang atau setiap tahunnya mengalami pertumbuhan sekitar 2 persen, berdasarkan data tersebut perlu dilakukan kegiatan yang dapat meningkatkan pengunjung yang lebih banyak lagi," kata Raymon Lim di Palembang, Jumat.

Ketika membuka pameran wisata "Singapore Travel Fair" di Atrium Palembang Icon Mall yang digelar selama tiga hari pada 9-11 Maret 2018, dia menjelaskan untuk meningkatkan jumlah wisatawan asal Indonesia, pihaknya berupaya menggalakkan kegiatan promosi di beberapa kota potensial.

Kegiatan promosi yang selama ini dilakukan di Jakarta, dalam beberapa tahun terakhir digalakkan di kota-kota luar Ibu kota Negara Indonesia itu.

Melalui pengembangan kegiatan promosi itu, pengunjung dari sembilan kota di luar Jakarta mengalami peningkatan yang cukup tinggi seperti dari Kota Palembang dan Medan mengalami peningkatan hingga sembilan persen.

Peningkatan jumlah pengunjung tersebut juga didukung tersedianya penerbangan langsung rute Palembang-Singapura yang cukup banyak yakni tujuh kali penerbangan setiap pekannya, katanya.

Menurut dia, untuk memaksimalkan kegiatan promosi di Indonesia, STB sebagai kantor pemerintah yang memimpin perkembangan pariwisata sebagai salah satu sektor kunci perekonomian Singapura, telah membuka kantor regional ke dua di Surabaya pada Oktober 2017.

Keberadaan kantor STB Regional Surabaya itu diharapkan memperkuat kegiatan promosi di pulau Jawa bagian timur, Bali, dan Sulawesi.

Sementara kantor STB Regional Jakarta, diharapkan bisa lebih fokus dalam menumbuhkan pasar dari pulau Jawa bagian tengah dan barat, serta Sumatera, kata Raymon.

Sementara Sekretaris Asita Palembang, Ari Afrizal pada kesempatan itu menambahkan pihaknya mendukung kegiatan itu dan siap memfasilitasi warga kota ini untuk melakukan perjalanan wisata ke Singapura.

Selain itu, pihaknya juga berupaya memanfaatkan momentum kerja sama pameran wisata dengan STB untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada di Kota Palembang dan beberapa daerah Sumsel lainnya, sehingga jumlah kunjungan wisatawan dari Singapura ke kota yang akan menjadi tuan rumah Asian Games ini juga meningkat, kata Afrizal.