BPBD Imbau Warga Waspadai Bencana Puting Beliung

id puting beliung, bencana alam, bpbd, Penanggulangan Bencana Daerah, cuaca ekstrim, Ogan Komering Ulu

Arsip- Salah satu rumah warga di Desa Kungkilan, Kabupaten OKU ditimpa tiang listrik akibat angin puting beliung. (ANTARA Sumsel/17/Edo Purmana/I016)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengimbau warga Desa Kungkilan Kecamatan Sosoh Buay Rayap agar mewaspadai bencana angin puting beliung susulan setelah sebelumnya melanda wilayah itu pada 11 Desember 2017.

"Warga diharapkan selalu waspada karena ditakutkan terjadi bencana puting beliung susulan mengingat cuaca saat ini masih ekstrim," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Komering Ulu (OKU), Hemni Rusdi di Baturaja, Sabtu.

Dia mengatakan, pasca bencana alam angin puting beliung melanda kawasan Kungkilan? Senin petang sekitar pukul 17.00 Wib tersebut sejumlah warga di desa itu masih memilih untuk tetap tinggal di rumahnya.

"Namun akan lebih baik untuk sementara waktu ini warga mengungsi ke tempat yang lebih aman agar tidak terjadi korban jiwa jika terjadi bencana susulan," katanya.

Hemni mengakui, meskipun dalam musibah tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun puting beliung memporak-poranda puluhan rumah warga hingga mengalami kerusakan ringan akibat diterjang angin kencang tersebut.

Selain itu, kata dia, angin kencang? menggulung dari tanah ke udara itu menumbangkan tiang listrik dan pohon di lahan perkebunan warga serta nyaris menyapu bersih kawasan permukiman penduduk.

"Kami sudah mendata jumlah kerusakan akibat puting beliung di Desa Kungkilan. Untuk korban jiwa tidak ada, namun puting beliung merusak puluhan rumah warga dan perkebunan jagung terancam gagal panen," ungkapnya.

Peristiwa yang terjadi di wilayah tersebut menambah jumlah bencana puting beliung di Kabupaten OKU sejak beberapa tahun terakhir setelah sebelumnya musibah serupa melanda Desa Ujan Mas Kecamatan Pengandonan.

"Angin puting beliung juga pernah melanda warga di Kelurahan Sepancar Lawang Kulon Kecamatan Baturaja Timur yang merusak atap bangunan salah satu kantor sekretariat partai di OKU
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar