BMKG ingatkan potensi hujan lebat terjang Sumatera Selatan dan mayoritas daerah

id Badai,Puting beliung,BMKG,Hujan lebat,berita palembang, berita sumsel

BMKG ingatkan potensi hujan lebat terjang Sumatera Selatan dan mayoritas daerah

Ilustrasi - Pengendara melintas di tengah guyuran hujan deras di Jalan Ahmad Yani KM 5,5, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (10/1/2024). (ANTARA/Tumpal Andani Aritonang)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi hujan lebat yang akan menerjang mayoritas wilayah di Indonesia pada hari ini yaitu Sabtu (24/2) mulai dari Aceh hingga Papua.

Berdasarkan laman resmi BMKG di Jakarta, Sabtu, daerah yang berpotensi diterjang hujan lebat adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta.

Hujan lebat juga akan menerjang Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara dan Papua.

Dari banyaknya wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat itu, sebagian besar daerah di antaranya merupakan hujan badai yang disertai kilat dan petir seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, dan Banten.