Polda Metro siap amankan aksi bela Palestina

id polisi, pengamanan, aksi bela palestina, pengamanan monas, Kombes Argo Yuwono, Yuwono

Polda Metro siap amankan aksi bela Palestina

Dokumentasi- Anggota Polisi saat mengikuti apel kesiagaan pasukan . (ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi)

Jakarta (ANTARA Sumsel) -Polda Metro Jaya siap mengamankan aksi "Bela Palestina" yang akan digelar di Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat pada Minggu (17/12).

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Jakarta Jumat, mengatakan pasukan pengamanan sebanyak 20.000 personel.

"Pengamanan sudah direncanakan," kata Kombes Argo.

Aparat kepolisian dibantu TNI akan mengawal dan melayani massa yang berunjuk rasa secara damai tersebut.

Argo menuturkan pihak penyelenggara aksi telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian guna mempersiapkan agenda aksi tersebut.

Rencananya, massa akan menggelar shalat subuh berjamaah di Masjid Istiqlal Jakarta Pusat selanjutnya menuju Monas guna menyampaikan pendapat di muka umum hingga pukul 12.00 WIB.

Argo menyatakan Polda Metro Jaya telah menerima surat tembusan pemberitahuan rencana aksi mendukung Negara Palestina dari penanggung jawab kegiatan yang ditujukan ke Mabes Polri.

Sebelumnya, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin menyerukan umat Islam ikut aksi "1712" untuk mendukung rakyat Palestina.

Bahkan Ma'ruf Amin mengajak agama lain dan elemen masyarakat maupun organisasi kemasyarakatan turun mendukung aksi Bela Palestina.

Aksi itu merupakan aksi protes terhadap kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel menggantikan Tel Aviv.***