Peremajaan sawit di Musi Banyuasin jadi percontohan nasional

id kelapa sawit, peremajaan kelapa sawit, percontohan nasional, bupatimuba, dodi reza alex, presiden, jokowi

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Menko Perekonomian Darmin Nasution (kanan), Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (kedua kiri) dan Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex (kiri) berbincang di tengah perkebunan sawit . (ANTARA Sumsel/Nova W

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Bupati Musi Banyuasin, Sumatera Selatan,  Dodi Reza Alex, mengatakan program peremajaan perkebunan kelapa sawit rakyat di kabupaten itu akan menjadi percontohan nasional.

Sebab daerah ini  merupakan yang pertama  menerapkan program peremajaan kelapa sawit rakyat  yang pertama di Indonesia, kata Bupati Dodi di Sungai Lilin, ibu kota Kabupaten Musi Banyuasin, Sabtu.

Menurut dia, untuk tahap pertama ini telah diremajakan seluas 4.446 hektare yang langsung diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat (13/10).

Peremajaan kelapa sawit tersebut juga merupakan program berkelanjutan bekerja sama dengan pihak ketiga dan bibit dibantu Kementerian Petanian.

Apalagi Musi Banyuasin merupakan kabupaten terluas dan perkebunan menjadi salah satu komoditas andalan dalam meningkatkan perekonomian daerah serta masyarakat.

Selain itu program peremajaan sawit itu diharapkan dapat menjadi diplomasi internasional, ujar bupati.    
Dalam program tersebut  pihaknya menerapkan perkebunan yang memperhatikan lingkungan sekitar.

Dia mengatakan, bahkan dengan adanya peremajaan tersebut akan meningkatkan produksi tandan buah segar sekaligus minyak mentah sawit (CPO).

Oleh karena itu program tersebut harus didikung bersama termasuk masyarakat sekitar.

Sebelumnya Presiden mengatakan, peremajaan sawit itu terus dikembangkan ke provinsi lain di Indonesia, terutama di  Sumatera  seperti Sumatera Utara, Jambi,  dan Riau.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar