Kemenperin bangun pusat desain pesawat di ITB

id Kementerian Perindustrian, itb, Aerospace Design Center,

....Kami sedang merencanakan pembangunannya, sebagai upaya mengembalikan kejayaan kedirgantaraan nasional....
Jakarta, (ANTARA Sumsel) - Kementerian Perindustrian berencana membangun pusat desain pesawat atau Aerospace Design Center yang akan dibangun di Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai sarana pusat desain pesawat dan komponennya.

"Kami sedang merencanakan pembangunannya, sebagai upaya mengembalikan kejayaan kedirgantaraan nasional," kata Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan di Jakarta, Senin.

Putu menyampaikan hal tersebut saat menghadiri Rapat Umum Anggota Indonesia Aircraft and Component Manufacturer Association (Inacom) di Ruang Garuda, Kemenperin.

Dikatakan, pusat desain pesawat tersebut akan mendukung beberapa program kegiatan sebagai upaya mengembalikan kemampuan teknologi kedirgantaraan nasional.

Misalnya, dalam melakukan identifikasi industri nasional yang memiliki potensi sebagai industri komponen pesawat udara.

Selain itu, melaksanakan bimbingan teknis kepada industri komponen agar memiliki kompetensi dan standar dalam pembuatan komponen-komponen pesawat.

Kendati belum terbentuk, pemerintah telah melaksanakan beberapa bimbingan teknologi  dibidang rubber seal, interior, komponen metal, tools dan jig, standar mutu komponen pesawat dan vulkanisir pesawat, serta main dan nose landing gear untuk pesawat N219.

Kemenperin juga memfasilitasi sinergi industri komponen nasional yang berpotensi membuat komponen pesawat udara dengan PT Dirgantara Indonesia dan PT Regio Aviasi Industry (RAI), untuk mendorong industri nasional terlibat dalam pembuatan komponen N219.

Diharapkan, dengan tumbuh kembangnya industri kedirgantaraan, dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja, peningkatan kesejahteraan, penumbuhan investasi, serta penguasaan teknologi tinggi.