Pemkab OKU fokus pemberdayaan UMKM

id Pelaku UMKM, usaha mikro kecil dan menengah, bantuan sarana usaha, Dinas Perdagangan dan Perindustrian OKU

Pemkab OKU fokus pemberdayaan UMKM

Dinas Perdagangan dan Perindustrian OKU menyalurkan bantuan etalase kepada pelaku UMKM di daerah itu, Minggu. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel) tahun ini fokus memberdayakan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) agar berkembang guna meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah itu.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian OKU, Lukmanul Hakim di Baturaja, Minggu mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen fokus pada pembangunan daerah khususnya di sektor perekonomian lokal yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Baca juga: Di Kabupaten tercatat 5.366 orang warga menderita ISPA

"Di antaranya pelaku UMKM yang harus diberdayakan agar usaha yang digeluti semakin berkembang," katanya.

Untuk mendorong pelaku UMKM dalam berwirausaha, kata dia, pihaknya menyalurkan bantuan peralatan untuk usaha meliputi 10 buah payung, delapan buah cooler box, empat unit timbangan elektrik, lima gerobak dan 15 unit etalase.

Baca juga: Harga cabai merah di Baturaja turun jadi Rp70.000 per Kg

Bantuan ini disalurkan kepada puluhan pelaku usaha di Kabupaten OKU agar dapat memulai usaha untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Menurut dia, bantuan ini merupakan wujud nyata strategi pembangunan usaha kecil dan memberikan peluang usaha bagi calon wirausaha agar lebih bersemangat dalam mengembangkan usahanya.

Baca juga: BPS Sumsel canangkan Desa Cantik di Kabupaten OKU Timur

Lukmanul juga berharap agar program bantuan ini dapat terus berlanjut sebagai upaya pengembangan dan pembinaan sektor industri lokal dalam menopang pemberdayaan ekonomi kemasyarakatan di wilayah itu.

"Semoga bantuan ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan skala usaha yang sedang digeluti agar semakin berkembang," ujarnya.