Di Kabupaten tercatat 5.366 orang warga menderita ISPA

id Penyakit ISPA, gangguan saluran pernapasan, faktor cuaca, Dinkes OKU

Di Kabupaten tercatat 5.366 orang warga menderita ISPA

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan OKU, Andi Prapto. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pada tahun ini mencatat sebanyak 5.366 orang warga di daerah itu menderita penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Ogan Komering Ulu (OKU) Andi Prapto di Baturaja, Jumat, mengatakan berdasarkan data hingga periode Juli 2022 tercatat jumlah kasus ISPA sebanyak 5.366 orang.

"Penderita ISPA ini semua kalangan mulai dari anak-anak hingga pasien dewasa dan lansia," katanya.

Menurut dia, jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat 6.258 orang penderita ISPA hingga akhir 2021.

"Untuk periode yang sama pada 2021 saya tidak hapal. Yang jelas jumlahnya meningkat karena diprediksi pasien terus bertambah mengingat saat ini sudah memasuki musim kemarau yang menjadi faktor ISPA mudah menyebar luas," jelasnya.

Dia menjelaskan Infeksi saluran pernapasan akut atau lebih dikenal dengan ISPA merupakan infeksi akut yang menyerang satu komponen saluran pernafasan tepatnya di bagian atas. Bagian saluran pernapasan atas yang dapat terkena virus penyakit ini meliputi hidung, sinus, faring, dan laring.

Penyakit ini mudah menular dan bisa dialami oleh semua kalangan, khususnya para lansia dan anak-anak apalagi saat musim kemarau karena banyak debu beterbangan yang memicu ISPA mudah menyebar luas.

Penyakit ini hampir mirip dengan COVID-19 yang menimbulkan peradangan di saluran pernapasan, mulai dari hidung hingga ke paru-paru sehingga harus diwaspadai oleh masyarakat.

"Sebagai upaya pencegahan masyarakat diimbau menerapkan pola hidup bersih dan sehat agar terhindar dari ISPA," ujarnya.

Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2022