Pemkab OKU Timur kenalkan kain angkinan ke tingkat nasional

id Kain Angkinan, kain batik tradisional, keluarga ningrat, Pemkab OKU Timur, Dinas Perdagangan dan Perindustrian

Pemkab OKU Timur kenalkan kain angkinan  ke tingkat nasional

Pemkab OKU Timur memperkenalkan kain tradisional khas daerah setempat pada event pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis. (ANTARA/Diskominfo OKU Timur/23)

Martapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, memperkenalkan kain bidak dan angkinan khas daerah setempat ke tingkat nasional melalui pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa di Jakarta.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian OKU Timur Amin Zen di Martapura, Kamis, mengatakan, pemerintah daerah setempat melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) terus mempromosikan kain batik tradisional khas daerah baik di level lokal hingga tingkat nasional.

"Kain bidak dan angkinan dikenalkan pada event pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada 13-17 September 2023," katanya.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk sosialisasi sekaligus memperkenalkan pakaian khas Kabupaten OKU Timur kepada masyarakat luas di Indonesia.

Dia menjelaskan, kain bidak dan angkinan merupakan kerajinan tangan khas asli pesisir Komering, Kabupaten OKU Timur, yang selama ini nyaris hilang dari peredaran.