Menteri Perindustrian: Manufaktur tulang punggung ekonomi nasional

id Menteri Perindustrian,Sektor industri manufaktur,berita palembang, berita sumsel

Menteri Perindustrian: Manufaktur tulang punggung ekonomi nasional

Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita saat menyampaikan kata sambutan pada peresmian smelter titanium di Desa Batu Rusa Bangka, Kamis (7/12/2023) (ANTARA/HO-Aprionis)

Bangka (ANTARA) - Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan pada 2023 sektor manufaktur tertinggi dan menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi nasional, karena dikelola dengan baik.

"Alhamdulillah, sektor industri manufaktur dan pengolahan terus tumbuh di tengah melambatnya perekonomian global, perubahan iklim dan menurunnya harga komoditas ekspor," kata Agus Gumiwang Kartasasmita saat meresmikan smelter titanium di Desa Batu Rusa Bangka, Kamis.

Ia mengatakan sektor industri manufaktur dan pengolahan pada triwulan III tahun ini tumbuh sebesar 5,02 persen secara year on year atau kenaikkannya lebih tinggi dibandingkan triwulan II 2023.

Sementara itu, kontribusi industri manufaktur terhadap PDRB juga tertinggi. Hasil survei BPS, kontribusi manufaktur terhadap PDRB 16,80 persen dan lebih tinggi dibandingkan sektor lainnya.