Menparekraf bantu tingkatkan kualitas penulis fiksi

id menparekraf, kualitas penulis, tingkatkan, penulis, kualitas

Menparekraf bantu tingkatkan kualitas penulis fiksi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu. (Foto Antarasumsel.com/Aw)

..Kualitas dan kuantitas para pelaku kreatif penulis fiksi dan non-fiksi melalui kegiatan sosialisasi dan pelatihan menulis bagi komunitas maupun masyarakat yang berminat belajar menulis...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas para pelaku kreatif penulis fiksi dan non-fiksi melalui kegiatan sosialisasi dan pelatihan menulis bagi komunitas.
         
Menteri Mari dalam keterangan pers di Jakarta, Senin, mengatakan pihaknya melalui Direktorat Pengembangan Media, Ditjen Ekonomi Kreatif Berbasis Media, Desain, dan IPTEK (EK MDI) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas para pelaku kreatif penulis fiksi dan non-fiksi melalui kegiatan sosialisasi dan pelatihan menulis bagi komunitas maupun masyarakat yang berminat belajar menulis.
         
"Kami juga mengundang narasumber penulis kreatif di antaranya FX Rudy Gunawan," kata Menteri.
         
Mari menambahkan, penulis yang diundang sebagai nara sumber diharapkan bisa memberi contoh konkrit bagi para penulis pemula.
         
Ia juga berharap penulis tersebut dapat membagi pengalaman dalam menulis sebuah buku yang memang bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, di mana saja, maupun terinspirasi apa saja.
         
"Semua bisa, asalkan dikerjakan dengan disiplin dan komitmen, bukan karena sedang mood saja," ujarnya.
         
Profesi penulis di Indonesia belum banyak diminati lantaran dunia buku masih belum bisa dijangkau dan menjangkau semua kalangan.
         
Padahal di banyak negara di luar negeri, profesi penulis dan penerbitan buku mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian suatu bangsa.
         
Sebagai salah satu bidang dalam industri kreatif, Mari berharap penulis di Tanah Air semakin kreatif dalam menciptakan karya-karyanya sehingga mampu menyumbangkan kontribusi positif bagi perekonomian sekaligus menginspirasi masyarakat lainnya.

Pewarta :
Editor: Yudi Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar