Pakar: Antioksidan bisa cegah penyakit kronis

id radikal bebas, buah, kanker

Ilustrasi (Antarasumsel.com/Ist)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Pakar kesehatan dr Bing Handoyo mengatakan tubuh manusia sangat memerlukan antioksidan untuk menangkal radikal bebas pemicu penyakit kronis seperti kanker.

"Sumber antioksidan berasal buah dan sayuran, suplemen, seperti Vitamin A,C,E dan mineral melanin dan C sebagai antioksidan utama dan juga berasal dari air," kata Bing Handoyo di Jakarta, Kamis, pada peluncuran dua teknologi bidang kesehatan dari Advance yakni Miracle Doctor Jug sebagai penghasil air antioksidan dan Healing Wave untuk meminimalisasikan kekambuhan penyakit asma.

Dia menjelaskan, kemajuan teknologi, perubahan lingkungan dan pola hidup mengakibatkan banyak radikal bebas.

Radikal bebas tidak hanya dari faktor eksternal atau lingkungan seperti polusi,asap rokok dan sinar ultraviolet, melainkan juga dari dalam diri melalui makanan yang dikonsumsi.

"Radikal bebas ada di mana-mana,termasuk makanan dengan kadar gula tinggi, garam berlebih, gurih dan bahkan olah raga berlebihan. Olah raga sampai ngos-ngoson akan menimbulkan banyak radikal bebas," katanya.

Dia menambahkan, tanda-tanda seseorang banyak terpapar radikal bebas, antara lain semakin banyak bintik-bintik hitam di tubuh, kulit kusam dan berkemih serta urin berwarna kuning atau kuning kecoklatan.

Dia juga mengatakan, sebagian besar atau 70 persen tubuh manusia sebetulnya sudah terdiri atas air.

Air antioksidan, kata dia, selain mengandung hidrogen aktif yang berfungsi menangkal radikal bebas juga mengandung alkalin untuk mengembalikan tubuh yang dalam keadaan asam tinggi menjadi basah kembali.

Sementara itu, Miracle Doctor Jug dari Advance adalah teknologi kesehatan yang menghasilkan air antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Alat ini dapat menghasilkan senyawa antioksidan dan membantu menangkal radikal bebas penyebab timbulnya berbagai penyakit serta mengubah air minum menjadi segar dan kaya akan kandungan hydrogen aktif dan mineral alami.
(W004/A011)

Editor: Awi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar