Pemprov Sumsel jalin kerja sama dengan Taspen

id pemprov susmel, taspen sekda susmel, mukti sulaiman, asn, pns, pensiunan, tabungan pensiun

Pemprov Sumsel jalin kerja sama dengan Taspen

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan Mukti Sulaiman (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menjalin kerja sama dengan PT Taspen dalam upaya meningkatkan kesejahteraan pegawai negeri sipil dan pensiunan di daerah ini.

Kerja sama yang dilakukan antara lain memberikan jaminan pensiun yang lebih besar melalui Taspen Life, kata Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel H Mukti Sulaiman, usai sosialisasi pemotongan premi asuransi jiwa Taspen, di Palembang, Senin.

Menurut dia, dengan adanya perjanjian kerja sama ini pensiunan aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) mendapatkan modal pensiun hingga ratusan juta rupiah.

Kerja sama itu juga untuk meningkatkan tabungan hari tua para pensiunan PNS yang ada di lingkungan Pemprov Sumsel.

Pemprov Sumsel bekerjasama dengan PT Taspen melakukan Sosialisasi Aplikasi Pemotongan Premi Asuransi Jiwa, kata dia lagi.

Ia menegaskan, kerja sama yang dilakukan Pemprov Sumsel dengan PT Taspen (Persero) itu merupakan yang pertama kali di Indonesia.

"Ini merupakan program baru kerja sama dengan PT Taspen, dan saya sudah melakukan penandatanganan perjanjian dengan PT Taspen di Jakarta," ujar dia pula.

Menurut dia, kegiatan ini sangat penting karena selama ini ASN atau PNS yang menjadi anggota Taspen mendapatkan dana pensiun relatif kecil.

Namun dengan bergabung di Taspen Life, dana pensiun yang diperoleh akan lebih banyak sebagai modal di hari tua.

"Kalau pensiun, PNS dari Taspen melalui tabungan pensiun yang jumlahnya kecil untuk ukuran saat ini, yaitu sekitar Rp50 juta hingga Rp60 juta, bahkan ada yang hanya Rp40 juta," katanya.

Taspen Life ini akan membuat pensiunan PNS menerima Rp90 juta hingga Rp100 juta, sehingga dapat dijadikan modal setelah pensiun.

Selama menabung, gaji dipotong antara Rp200 ribu hingga Rp500 ribu, sehingga 20 tahun kemudian akan semakin besar, kata dia lagi.

Kepala Cabang PT Taspen Palembang Eddy Darmawan mengatakan, pembukaan Sosialisasi Aplikasi Pemotongan Premi Asuransi Jiwa Taspen diharapkan dapat diikuti semua PNS di lingkungan Pemprov Lampung.

"Kami ingin meningkatkan kesejahteraan bagi PNS bila pensiun nanti," ujarnya pula.