Disdik Sumsel dorong sekolah kembangkan kelas digital

id Dinas Pendidikan Sumsel dorong sekolah kembangkan kelas digital, kelas digital, digitalisasi sekolah di susmel, dinas pe

Disdik Sumsel dorong sekolah  kembangkan kelas digital

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Riza Fahlevi (tengah) . ANTARA/Yudi Abdullah/21

Palembang (ANTARA) - Dinas Pendidikan Provinsi  Sumatera Selatan mendorong sekolah daerah setempat mengembangkan kelas digital untuk memudahkan proses belajar mengajar.

"Momentum pandemi COVID-19 ini kami mendorong kepala sekolah dan guru untuk kreatif memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dengan membuat kelas digital," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Riza Fahlevi di Palembang, Jumat.

Salah satu sekolah yang mulai mengembangkan kelas digital yakni sekolah unggulan SMA Negeri 3 Kayu Agung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Kelas digital merupakan terobosan baru di dunia pendidikan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dalam berbagai aspek pengajaran.

Kelebihan sistem tersebut mempermudah proses belajar mengajar, karena para siswa dapat mengakses semua bahan ajar ataupun bahan ujian dari guru dalam satu jaringan baik secara daring (online) maupun luring (offline).

Manfaat teknolgi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan saat ini sudah jauh berkembang dibandingkan beberapa tahun yang lalu.

"Selama ini siswa harus mencatat berlembar-lembar materi di buku, saat ini mereka hanya perlu meng-copy materi dari guru menggunakan media penyimpan data flash disk, mengunduh materi secara daring melalui email atau membuka web tekait pelajaran," ujarnya.

Kelas digital tersebut akan didorong dikembangkan di seluruh sekolah tingkat SMA sederajat di bawah naungan Diknas provinsi setempat.

Melalui pengembangan kelas digital diharapkan program digitalisasi sekolah di Sumatera Selatan dapat segera terwujud, sehingga siswa dapat melakukan kegiatan belajar mengajar dengan mudah dalam kondisi apapun seperti masa pandemi COVID-19 sejak Maret 2020 dilakukan kegiatan sekolah dari rumah dengan menggunakan jaringan internet atau secara daring, ujar Riza Fahlevi.

Sementara sebelumnya Kepala Sekolah SMAN 3, Anis Joko Santoso menambahkan pihaknya berupaya memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dengan membuat kelas digital untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.

Kelas digital yang diluncurkan pada September 2021 ini akan terus ditambah fasilitas pendukungnya sehingga siswa menjadi lebih terpacu untuk belajar dan mencapai prestasi terbaiknya, kata Kepala SMAN 3.