Jembatan Arun di Kabupaten Pali nyaris ambruk

id jembatan, jembatan aru, kabupaten pali,

Jembatan Arun di Kabupaten Pali nyaris ambruk

Ilustrasi - Jembatan (Foto Antarasumsel.com/E Permana)

Talang Ubi, Sumsel, (ANTARA Sumsel) - Jembatan Arun Talang Pipa di Kelurahan Talang Ubi Barat, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir atau Pali, Sumatera Selatan, kondisinya nyaris ambruk sehingga membuat warga dalam sepekan terakhir khawatir untuk menggunakannya.

Sapta (27) sopir truk pengguna jalan tersebut, Selasa, mengatakan, kondisi jembatan sudah sangat mengkhawatirkan karena tekstur cor beton pada bagian pondasi sudah miring.

"Jika tidak segera diperbaiki, bukan hanya membahayakan kendaraan yang melintas tapi juga dikhawatirkan jadi ambruk dan menimpa rumah warga yang ada di dekat jembatan," kata Sapta di Talang Ubi.

Junaidi, warga lainnya, juga membenarkan keadaan itu dan sejak sepekan terakhir enggan melintas.

"Heran juga mengapa cepat sekali rusak, padahal baru dibangun satu tahun lalu," kata dia.

Jembatan penghubung Jalan Arun Talang Pipa Kelurahan Talang Ubi Barat, Kecamatan Talang Ubi, dibangun Pemerintah Kabupaten PALI dengan menelan anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) PALI 2015 sebesar Rp9.750.896.000.

Terkait kondisi ini, Ketua Komisi II DPRD PALI Irwan mengatakan kerusakan yang terjadi di jembatan ini sudah sepatutnya menjadi perhatian Dinas Pekerjaan Umum (PUBM) Kabupaten PALI.

"Ini menunjukkan kinerja yang kurang baik dalam segi pengawasan kepada pelaksana proyek. Tentunya pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga PALI harus segera memerintahkan kepada kontraktor untuk melakukan perbaikan karena saat ini masih masuk periode perawatan," kata dia.

Menurutnya, pejabat PU BM harus lebih selektif dalam pengawasan dan pengerjaan proyek khususnya pembangunan jembatan.

"Rencanamya usai menghadiri pelantikan bupati di Palembang, besok (17/2), anggota DPRD akan ditinjau langsung untuk melihat seberapa parahnya," kata dia.

Selain itu, DPRD PALI juga berencana memanggil Kepala Dinas PU BM Kabupaten PALI terkait kerusakan jembatan ini.

"DPRD minta penjelasan, mengapa bisa rusak padahal belum satu tahun berjalan," kata dia.