Empat calon haji Ogan Komering Ulu dimutasi

id haji, calon haji

Empat calon haji Ogan Komering Ulu dimutasi

Persiapan pemberangkatan jamaah calon haji Sumsel (Foto: antarasumsel.com/Fenny Selli/15)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Empat orang calon haji asal Kabupaten Ogan Komering Ulu mengajukan mutasi ke Palembang Sumatera Selatan dan Padang Sumatera Barat, atas permintaan sendiri karena pindah tugas.

"Total jamaah calon haji Ogan Komering Ulu (OKU)) tahun ini awalnya sebanyak 257 orang, namun empat orang minta mutasi sedangkan empat lagi gagal berangkat akibat pengurangan kuota yang dilakukan pusat. Lalu ada tambahan tiga orang pendamping, sehingga kini jumlahnya tinggal 252 orang," kata Kepala kantor Kemenag OKU, H Darami melalui pelaksana seksi haji, Usman Hadi Suhendra di Baturaja, Jumat.

Adapun empat orang jamaah calon haji (JCH) itu masing-masing Hadi Sunaryo dan istrinya Ristiana mutasi ke Palembang, serta Darlis dan Eari Wardani pindah ke Padang Sumatera Barat.

"Dua pasangan suami istri itu awalnya mendaftar untuk naik haji di KBIH Baturaja. Tetapi karena pindah tugas, akhirnya mereka mutasi," tegasnya.

Sementara soal jadwal keberangkatan, lanjut dia, 252 JCH OKU itu dijadwalkan diberangkatkan dari Islamic Center Baturaja menuju Asrama Haji Palembang pada 6 September 2015 pukul 21.00 WIB.

Kemudian sesuai jadwal, JCH OKU itu akan diterbangkan ke Jeddah pada 7 September 2015.

"Saya imbau agar JCH OKU mempersiapkan diri untuk berangkat ke tanah suci Mekkah guna memenuhi kewajibannya menunaikan rukun Islam kelima," katanya.

Mengenai isu adanya pengurangan jumlah uang saku yang diterima JCH, Usman membantah hal itu.

Menurut dia, sesuai aturan JCH OKU telah ditetapkan menerima uang saku senilai 1.500 real atau senilai Rp3,5 juta.

"Sementara untuk uang saku dari bupati seperti biasa tidak ada, namun dari Gubernur Sumsel, Alex Noerdin saya belum tahu," ujarnya.

Sementara informasi dari Kasubag Humas Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumsel, Saefudin sebelumnya menyebutkan bahwa total 4.947 orang jamaah calon haji asal Sumatera Selatan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah yang dibagi dalam 14 kelompok terbang melalui embarkasi Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Sebelum berangkat jamaah calon haji tersebut harus masuk asrama terlebih dahulu untuk melakukan pemeriksaan terakhir kelengkapan termasuk cek kesehatan.