Legislator minta pedagang lama tetap di pasar Cinde

id pasar cinde, dprd sumsel

Legislator minta pedagang lama tetap di pasar Cinde

Pasar Cinde Palembang (Foto Antarasumsel.com/Nila Fuady)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Ketua DPRD Sumatera Selatan meminta supaya pedagang lama tetap bisa berdagang di Pasar Cinde, menyusul adanya rencana pembangunan pasar tersebut.

Ketua DPRD Sumatera Selatan HM Giri Ramanda N Kiemas di Palembang, Rabu menyampaikan hal itu sehubungan adanya rencana pembangunan pasar Cinde dengan sistem bangun guna serah atau build operate and transfer (BOT).

Menurut dia, los-los yang ada supaya didata, jangan sampai mereka yang sudah lama berdagang di sana tidak dapat lagi los.

Selain itu, pengelolaannya untuk los-los harus dikembalikan ke PD Pasar Kota Palembang, katanya.

Ia mengatakan, jika pasar Cinde dibangun dijadikan pasar internasional, mall dan perkantoran ratio parkir harus juga diperhatikan dan jangan ada parkir di pinggir jalan sehingga menyebabkan kemacetan.

Kemudian mengenai akan dibangunnya mall di samping Rumah Sakit Jiwa Eks Ernaldi Bahar dengan sistem BOT, ia meminta agar arus lalu lintas kendaraan didepannya diperhatikan, karena pasti terjadi kemacetan.

Ia menuturkan, di KM 5, Palembang itu sudah langganan macet kalau pagi dan sore hari dan hal ini yang harus menjadi catatan penting.

Selain itu, supaya dihitung ratio kendaraan parkir di sana dan orang datang, jangan sampai parkirnya hanya 500 kendaraan yang datang 1.500 kendaraan otomatis parkir bisa di jalanan, ujarnya.

Terkait persoalan BOT ini, DPRD Sumsel hanya sebagai pihak yang ikut melihat pemaparan pembangunan BOT itu sendiri, katanya.