Pertamina kampanyekan K3

id pertamina, kampanye k3

Pertamina kampanyekan K3

Pertamina simulasi sekaligus kampanye K3 (Foto: antarasumsel.com/Evan Ervani)

Palembang (ANTARA Sumsel) - PT Pertamina Marketing Operation Region II mengkampanyekan program keselamatan dan kesehatan kerja karyawan atau K3, melalui simulasi pelatihan K3 di Palembang, Jumat dalam rangka meningkatkan kepedulian perusahaan terhdap pekerja, mitra kerja maupun mitra usaha.

Simulasi K3 dimaksudkan guna melatih kesigapan para pekerja di lingkungan perusahaan, kata General Manager Pertamina Marketing Operation II Ageng Griyono di hadapan para peserta simulasi.

Kegiatan kampanye dan simulasi diikutin 72 orang karyawan yang berasal dari unit marketing, terminal BBM Kertapati, depot LPG Pulau Layang dan depot pengisian pesawat udara SMB II ini memperagakan situasi penangangan kebakaran yang terjadi dalam suatu kecelakaan kerja.

Dimana para pekerja dilatih kesigapannya dalam membantu bila terjadi korban serta upaya memadamkan api, termasuk memberikan pertolongan medis sebagai salah satu upaya melatih motorik pekerja untuk siap dalam kondisi apapun, kata Ageng Griyono.

Menurut dia, kegiatan ini merupakan bagian dari program pemerintah yang mengkampanyekan bulan K3 yang jatuh pada tanggal 12 Januari hingga 12 Februari, sebagai salah satu kewajiban bagi setiap perusahaan di Indonesia berdasarkan Undang Undang ketenaga kerjaan.

Selain meningkatkan kesiagapan dan melatih semua para pekerja, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen dari Pertamina untuk menjalankan HSSE( Healty, Safety Security dan Environment) sebagai salah satu perusahaan Global Energy Company.

Sementara, kata dia, berdasarkan data dari tahun 2013 hingga 2014, Pertamina telah membuktikan komitmen tersebut dengan sistem penilain NOA ( Number Of Accident ) telah mencapai 0 persen dan menjadi leading bagi yang lainnya.

Ia mengatakan, sejalan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia, Pertamina berharap apa yang sudah dilakukan ini dapat menjadi sebuah kebiasaan akan terus berkelanjutan di lingkungan para pekerja, mulai dari mulai masuk pabrik atau kantor hingga pulang nanti nya dengan terus memperhatikan semua rambu rambu keselamatan telah terpasang di ruang lingkup kerja perusahaan.