DPRD OKU mulai bentuk fraksi

id dprd, dprd oku

DPRD OKU mulai bentuk fraksi

DPRD OKU mulai bentuk fraksi (Foto Antarasumsel.com/14/E Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - DPRD Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mulai membentuk fraksi untuk kelengkapan anggota dewan.

"Sekarang kami sudah membentuk tujuh fraksi," kata Ketua sementara DPRD Ogan Komering Ulu (OKU) Drs Johan Anwar didampingi Kabag Persidangan dan Hukum Sekretariat Dewan Alfarizi di Baturaja, Kamis.

Dijelaskannya, tujuh fraksi itu adalah Fraksi Golkar gabungan meliputi Partai Golkar, PBB dan PPP, Fraksi PDI-P gabungan meliputi Partai PDI Perjuangan dan PKPI, Fraksi PKB, Fraksi PKS, Fraksi PAN gabungan Gerindra dan Hanura, Fraksi Demokrat, serta Fraksi Nasdem.

"Pada paripurna baru dibentuk fraksi-fraksi. Untuk ketua belum, karena terkendala PDI Perjuangan belum menunjuk perwakilan partai menduduki unsur pimpinan," kata anggota Fraksi PAN gabungan Parwanto saat dikonfirmasi di halaman kantor DPRD OKU Baturaja.

"Kalau dari Golkar sudah ada, yakni Drs Johan Anuar dan Demokrat Hj Indrawati. Dari tiga partai yang berhak menduduki kursi pimpinan hanya PDI Perjuangan belum menetapkan siapa akan menduduki kursi pimpinan, karena pada paripurna hanya terbentuk fraksi-fraksi saja," kata Parwanto.

Sementara Kabag Persidangan dan Hukum DPRD OKU, Alfarizi mengatakan, pemilihan Ketua DPRD OKU belum dilakukan, sementara baru terbentuk fraksi saja.

Namun mengenai penyebab belum terbentuknya unsur pimpinan, karena PDI Perjuangan belum menetapkan anggota dewan terpilih menduduki kursi pimpinan dewan.

Ia mengaku kurang tahu persis penyebabnya, dan kapan pelaksanaan pemilihan ketua belum diketahui.

"Sejauh ini belum terjadwal untuk penetapan Ketua DPRD OKU yang diharapkan bisa segera dilaksanakan. Apa penyebabnya saya kurang tahu persis," ujar Alfarizi.

Sementara, untuk sistem pemilihan Ketua DPRD masih memakai aturan seperti periode sebelumnya, yakni ditunjuk dari partai suara terbanyak pada pemilu legislatif.

"Silakan dari partai menunjuk siapa yang akan dijadikan ketua," katanya.

Pihak PDI Perjuangan sendiri saat hendak dikonfirmasi tidak bisa dihubungi.

"Kalau periode kemarin kami hanya ada enam fraksi. Sekarang ada tujuh fraksi karena ruangan fraksi ada enam sehingga Fraksi Nasdem kami tempatkan di ruang bagian persidangan," kata Kabag Umum Sekwan DPRD OKU Zahrun.