Benarkah lele yang disebar ke saluran air mampu cegah DBD, ini argumennya

id DPRD DKI,DBD,lele,DBD DKI ,DBD Jakarta ,Lele untuk cegah DBD

Benarkah lele yang disebar ke saluran air mampu cegah DBD, ini argumennya

Ilustrasi - Pengelola Ruang Publik Terbuka Ramah Anak atau RPTRA Smart, Meruya Utara, Jakarta Barat, memberi makan ikan lele yang dibudidayakan di kolam gizi. ANTARA/Aji Cakti

Jakarta (ANTARA) - Anggota DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz menilai bibit ikan lele yang disebar ke saluran air mampu mencegah demam berdarah dengue (DBD) di Jakarta Barat.

"Jentik adalah makanan alami ikan, yang paling efektif adalah lepaskan sebanyak-banyaknya ikan di saluran air seperti ikan lele yang paling bisa bertahan," kata Aziz saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Aziz menuturkan mencegah DBD yang paling efektif adalah melalui rantai makanan pada ekosistem alam. Yakni jentik yang bisa dikonsumsi oleh ikan lele.



Dia telah mencoba hal ini di kawasan RW 01, Jatipulo, Palmerah, Jakarta Barat, sejak tujuh tahun lalu dan terbukti efektif.

"Saya sudah memulai sejak tujuh tahun lalu, apabila di daerah saya ada yang terjangkit DBD, saya beli bibit lele agak besar untuk dilepaskan di semua saluran air dan efektif," ujarnya.

Dalam waktu beberapa pekan, semua jentik akan hilang sehingga solusi bibit ikan lele ini untuk cegah DBD terbilang ramah lingkungan.