Peserta Jambore OKU tampilkan kerajinan batu permata

id batu akik, komunitas batu akik baturaja

Peserta Jambore OKU tampilkan kerajinan batu permata

Batu permata (ANTARA FOTO/Saptono)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Peserta Jambore Pemuda Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, akan menampilkan hasil kerajinan batu permata khas Baturaja untuk mengikuti lomba tingkat Parovinsi Sumsel di Jakabaring Palembang, 29 Agustus--3 September 2014.

Kabid Pemuda Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Ogan Komering Ulu (OKU) Iwan Setyawan di Baturaja, Jumat, mengatakan bahwa peserta Jambore Pemuda Daerah (JPD) itu akan disiapkan mengikuti JPD tingkat provinsi di Jakabaring, Palembang.

Daerah itu, kata Iwan Setyawan, mengirimkan 10 pasang pemuda-pemudi untuk mengikuti JPD tingkat provinsi di Palembang.

Pemuda dan pemudi yang dikirim ke JPD provinsi, kata dia, merupakan utusan dari siswa dan mahasiswa OKU yang berprestasi dan kreatif akan mengikuti perlombaan meliputi lomba memasak, kreasi seni, pameran hasil kerajinan tangan karya pemuda, pagelaran budaya daerah, serta outbond.

Di samping mengikuti perlombaan yang sudah ditentukan, peserta JPD asal kabupaten yang berjuluk "Bumi Sebimbing Sekundang" ini juga memamerkan batu permata hasil kerajinan tangan pemuda Ogan Komering Ulu.

"Kami membawa satu etalase batu permata, seperti batu spritus, sangkis, dan berbagai jenis batu," katanya.

Sementara itu, Kabupaten OKU dengan Ibu Kota Baturaja ini terkenal dengan penghasil batu permatanya yang beribu-ribu jenis.

Bahkan, dua tahun terakhir, batu permata asal OKU yang dikerjakan sendiri oleh pemuda dan pemudi OKU menjadi "booming" sampai ke Pulau Jawa.

Kepala Disporabudpar Aufa S. Sarkomi diwakili Kabid Olahraga Drs. Surahman berpesan kepada peserta JPD OKU yang akan berangkat ke Palembang agar menjaga nama baik kabupaten setempat.

"Saya titipkan nama baik daerah. Kalian adalah duta yang harus ikut serta mengharumkan nama Kabupaten OKU," kata Aufa kepada peserta JPD OKU.

Peserta jambore pemuda-pemudi diminta agar menunjukkan potensinya demi mengukir prestasi.

"Peserta mengikuti JPD di tingkat provinsi yang dipusatkan di Jakabaring, Sumsel, akan mencari satu pasang remaja untuk mengikuti jembore pemuda tingkat nasional di Jakarta," ujarnya.