Hari ini ada kontes batu akik dan bazar ikan hias di Baturaja

id kontes batu akik,akik baturaja,bazar ikan hias

Hari ini ada kontes batu akik dan bazar ikan hias di Baturaja

Bupati Ogan Komering Ulu Kuryana Azis membuka Kontes Batu Akik dan Bazar Ikan Hias di Taman Kota Baturaja, Minggu (15/12/2019). (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja, Sumatera Selatan (ANTARA) - Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Kuryana Azis membuka kontes batu akik dan bazar ikan hias di Taman Kota Baturaja, Minggu.

"Selain ajang silaturahmi antar komunitas pencinta batu cincin Baturaja. Kegiatan ini juga terselenggara untuk menumbuhkan kecintaan terhadap batu akik asli Kabupaten OKU yang sebelumnya sempat memiliki potensi pasar luar biasa," katanya.

Ia berharap kontes tersebut bisa mengembalikan semangat pelaku usaha dan perajin batu cincin sebagaimana beberapa tahun lalu, saat batu akik khas Baturaja menembus pasar internasional.

"Semoga melalui pameran dan kontes ini, pasaran batu akik khas Baturaja OKU kembali bergeliat sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya.

Ketua panitia penyelenggara kontes batu akik dan bazar ikan hias, Arzuin Taqwa, menuturkan bahwa kontes batu akik di Taman Kota Baturaja yang berlangsung dua hari sejak Sabtu (14/12) diikuti oleh peserta dari beberapa daerah di Sumatera Selatan.

Dia menjelaskan, kontes batu akik meliputi kontes batu akik jenis biru langit, biru tinta, ungu, dan lavender.

"Semua jenis batu akik yang dipamerkan merupakan asli dari Baturaja seperti jenis biru langit dan lavender yang sebelumnya sempat menembus kancah internasional," katanya.
 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar