Calon Bupati Musirawas cari parpol pendukung

id musirawas, calon bupati mura

Calon Bupati Musirawas cari parpol pendukung

Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan (Antarasumsel.com/Logo/Aw)

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Beberapa calon Bupati Musirawas, Sumatera Selatan mulai mencari dukungan partai politik untuk maju pada pemilihan kepala daerah, karena masa tugas Bupati Musirawas Ridwan Mukti akan berakhir pada awal 2015.

"Nama-nama calon Bupati Musirawas 2015-2020 antara lain Hindra Gunawan, H Mrtin dan Zulkarnain namun hingga saat ini belum memiliki `perahu` partai politik yang akan mengusung untuk maju tahun depan," kata seorang pengamat Politik Lubuklinggau Eka Wijaya, Selasa.

Ia yakin dari beberapa calon Bupati Musirawas itu susdah punya `canel` dan melakukan pendekatan mulai dari DPP, DPD, DPC hingga ranting. "Namun, mereka belum bisa memastikan, karena masih dalam penjajakan," katanya.

Kandidat calon Bupati Musirawas itu sebaiknya putra daerah setempat yang sudah dikenal masyarakat baik pribadi maupun kinerjanya, sehingga bila terpilih betul-betul ingin membangun daerahnya sendiri yang masih belum tergarap oleh bupati sebelumnya.

Ia mengharapkan kepada masyarakat jangan tergiur dengan program muluk-muluk dan sejumlah uang dari kandidat karena biasa berdampak kurang baik bagi pembangunan di wilayah itu ke depan, sedangkan pembangunan infrastruktur yang ada di wilayah itu sudah berjalan cukup baik.

Bupati berikutnya bisa meningkatkan pembangunan sudah berjalan itu, bukan sebaliknya malah merusak dan memperburuk fasilitas masyarakat, dengan demikian masyarakat dan partai politik sebelum memilih figur bupati yang akan didukung sebaiknya melihat potensi dari kader akan didukung.

Menurut dia, bisa saja ada peluang putra daerah yang selama ini berkiprah dan berhasil di luar Musirawas dan pada Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) Bupati Musirawas 2015 ikut bertarung, namun harus dilihat dari keberhasilannya dan program untuk memajukan Musirawas ke depan.

Beberapa calon bupati itu mulai melakukan sosialisasi antara lain H Zulkarnain kelahiran Desa Pelawe, 24 Juni 1971 rencananya akan diusung tiga partai politik (Parpol), namun nama partainya masih dirahasiakan.

Salah seorang pengusaha sukses di Jakarta itu mengatakan bertekad akan maju memimpin Musirawas ke depan dan ssudah melakukan blusukan ke daerah-daerah terpencil untuk mendengar langsung keluhan masyarakat.

Sehingga, kata dia, apabila diberi amanah dan terpilih menjadi bupati, dapat mewujudkan keinginan masyarakat kalangan bawah tersebut.

Mengenai partai pengusung atau pendukungnya, terutama seluruh Parpol pemenang Pemilu 2014 tengah dilakukan pendekatan dan penjajakan, dari 12 Parpol pemenang pemilu itu, baru tiga parpol yang siap mengusung dirinya dalam bertarung pada Pilkada Bupati Musi Rawas 2015.

Selain mesin parpol difungsikan, juga mulai membentuk tim pemenangan jaringan baik dalam bentuk relawan maupun keluarga ke tingkat kecamatan dan desa, tapi pengukuhannya masih menunggu waktu yang tepat setelah sosialisasi selesai.

"Saya ingin menerapkan pengalaman didapat ditanah rantaunya untuk memajukan Musirawas, salah satunya sumber daya manusia bermartabat bergerak seiring dengan perkembangan daerah itu sendiri," ujarnya.