Harga daging ayam di Palembang Rp35.000/kg

id ayam, daging ayam potong

Harga daging ayam di Palembang Rp35.000/kg

Pedagang ayam potong di Pasar Cinde Palembang (Foto: antarasumsel.com/14/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Harga daging ayam potong di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Minggu atau sehari menjelang Idul Fitri 1435 Hijriah tercatat Rp35 ribu per kilogram.

"Pada awal Ramadhan ini harga daging ayam potong sempat mencapai Rp35.000 per kilogram, dan beberapa hari kemudian berangsur turun hingga normal menjadi kisaran Rp28 ribu per kg, kemudian sejak dua hari hingga sehari menjelang lebaran berangsur naik hingga tertinggi Rp35 ribu pr kg, kata Ardhi, pedagang di pasar tradisional Kelurahan 7 Ulu Palembang, Minggu.

Menurut dia, perkiraan sebelumnya harga daging ayam potong sehari atau dua hari menjelang lebaran tahun ini akan mencapai lebih tinggi kisaran Rp40 ribu per kg, ternyata meleset hanya tercatat Rp35 ribu per kg.

"Artinya kenaikan harga daging ayam potong lebaran tahun ini tidak terlalu tinggi, karena stok komoditas tersebut di pasaran cukup banyak sehingga berimbang dengan permintaan konsumen yang meningkat," katanya.

Di samping itu, kata dia, pihak agen atau pengusaha peternak ayam potong menaikkan harga juga tidak terlalu tinggi, sehingga menjual kembali ke pelanggan disesuaikan.

Memang kenaikan harga daging ayam potong lebaran tahun ini tidak terlalu tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, karena di samping stok di pasaran tersedia cukup banyak di pedagang, juga banyak bermunculan pedagang musiman, kata Ny Rogayah, pedagang lainnya menambahkan.

Menurut dia, warga selain membeli daging ayam potong juga ada pilihan lain yakni ayam boilir yang masih dalam kondisi belum dipotong.

Ayam boiler yang masih hidup dipatok pedagang kisaran Rp50 ribu hingga Rp55 ribu per ekor atau setara dengan 1,5 kg.

Sementara, pantauan Antara di pasar tradisional Kelurahan 7 Ulu dan Pasar 10 Ulu Palembang, masing-masing pedagang menyediakan stok daging ayam potong dalam jumlah cukup banyak.

Di samping itu, juga banyak pedagang musiman yang bermunculan menggelar dagangannya di pinggir jalan kawasan pasar tersebut, baik ayam potong maupun ayam kondisi masih hidup.

Sedangkan warga, hari ini atau sehari menjelang lebaran sangat ramai membeli daging ayam potong dan ayam masih kondisi hidup yakni merupakan puncaknya, terbukti banyak ibu-ibu sepulang dari pasar menjinjing ayam yang masih hidup.