Begini kiat mengolah daging agar "juicy"

id olag daging agar juicy,masak daging,Tips daging, kuliner,Tips masak,berita sumsel, berita palembang

Begini kiat mengolah daging agar "juicy"

Ilustrasi seseorang menyiapkan daging sebelum diolah (ANTARA/Pexels/Los Muertos Crew)

Jakarta (ANTARA) - Ada cara agar hasil olahan daging menjadi empuk, juicy dan tidak amis, yakni dimulai dari memilih daging sapi berkualitas tinggi.

Seperti disiarkan keterangan tertulis Titipku, Kamis. daging yang baik memiliki warna merah segar dan lemak yang terdistribusi dengan baik.

Selain itu, pastikan untuk menyimpan daging dengan baik apabila berencana tidak langsung mengolahnya setelah dibeli.

Jangan lupa untuk melakukan pemanasan daging sebelum dimasak. Keluarkan daging dari lemari es dan biarkan mencapai suhu ruangan sebelum dimasak. Tahap ini sering juga disebut sebagai tahap thawing, yang dapat membantu menghasilkan masakan yang matangnya lebih merata.

Untuk proses thawing, ada beberapa teknik yang bisa dilakukan, di antaranya merendam daging yang terbungkus rapat dalam air dingin, memindahkan daging dari freezer ke kulkas pendingin, hingga menggunakan microwave yang memiliki opsi thawing.

Setelah dimasak, biarkan daging beristirahat sebentar sebelum dipotong. Tahap ini sering disebut tahap resting, untuk memungkinkan jus dalam daging tersebar merata, membuatnya tetap juicy.

Tahap ini biasanya memakan waktu sekitar 10 menit setiap 500 gram daging, atau selama 5 menit untuk daging setebal 2,3 cm.

Jika daging langsung dipotong tanpa melalui tahap resting, maka jus daging akan bocor ke piring sehingga daging terasa kering dan lebih alot.

Berikutnya, perhatikan jenis potongan daging. Beberapa potongan daging lebih cocok untuk dimasak dengan metode tertentu. Misalnya, potongan daging yang banyak mengandung kolagen (seperti bagian di sekitar tulang) lebih baik dimasak dengan metode memasak lambat untuk mendapatkan hasil yang empuk.